oleh

2 dari 7 Pasien Positif bukan Warga Kota Kupang

Iklan Demokrat

Kupang, RNC – Total kasus positif covid-19 secara komulatif di Kota Kupang adalah 8 orang. Satu di antaranya sudah sembuh. Sedangkan 7 lainnya adalah kasus baru. Dari 7 orang tersebut, lima orang adalah warga Kota Kupang. Sedangkan 2 lainnya dari luar daerah.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kupang, Ernest Ludji, Jumat (01/05/2020) malam.

Iklan Dimonium Air

Dijelaskan, saat ini ke-7 pasien positif telah dipindahkan ke ruang isolasi RS Bhayangkara Kupang. Semua pasien konfirmasi ini berjenis kelamin laki-laki dan berumur 30-44 tahun. “Saat ini mereka dalam keadaan stabil dan kami mendoakan agar diberikan kesembuhan dari Tuhan Yang Maha Kuasa,” kata Ernest.

Lebih lanjut ia menjelaskan 8 kasus di Kota Kupang merupakan kasus impor dimana mereka terinfeksi di luar Kota Kupang dan baru terkonfirmasi setelah berada di wilayah Kota Kupang. Sampai dengan saat ini, belum ada indikasi terjadinya penularan setempat.

Djelaskan, sejak tiba di Kota Kupang, semua pasien positif ini telah menjalani masa karantina terpusat yang dipantau oleh Tim Bidokkes Polda NTT dan Tim Surveilans Dinas Kesehatan Kota Kupang. Saat ini tim terus bekerja sama untuk melakukan penelusuran kontak (contact tracing) dan penanganan terhadap kontak erat sesuai dengan protokol kesehatan.

Selain itu, tim contact tracing gugus tugas saat ini bekerja keras dalam upaya penelusuran kontak erat dari cluster Sukabumi, Gowa, dan Magetan. Sejauh ini untuk cluster Sukabumi tercatat ada tambahan 5 Orang Tanpa Gejala (OTG) dan 4 kontak erat yang masih akan dilakukan pelacakan lanjutan.

Untuk cluster Gowa telah terdata 5 OTG dan 5 OTG dari cluster Magetan. Satu ODP Kota Kupang yang berasal dari cluster Magetan sudah dilakukan pengambilan spesimen.

Baca Juga:  Covid-19, Pemkot Kupang Tak Penuhi Target PAD

Selanjutnya, per 1 Mei 2020, satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dinyatakan sembuh sehingga total PDP sembuh menjadi 5 orang. Tidak ada penambahan jumlah PDP dari tanggal 25 April 2020 sampai dengan 01 Mei 2020.

“Kami menginformasikan bahwa satu PDP yang meninggal di minggu sebelumnya dapat dipastikan bahwa yang bersangkutan meninggal bukan disebabkan oleh covid-19. Konfirmasi laboratorium negatif,” kata Ernest.

Sementara itu, Orang Dalam Pemantauan (ODP) 31 orang telah selesai masa pantau pada minggu ini. Ada penambahan 13 orang ODP dan 7 orang ODP yang aktif dipantau naik status menjadi positif, sehingga total ODP sampai dengan hari ini sebanyak 254 orang.

Ia juga menyebutkan, dalam minggu ini, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Kupang telah mengirimkan specimen dari 18 ODP untuk diperiksa di Balitbangkes, Jakarta. “Jadi total 72 orang telah dilakukan pemeriksaan RT-PCR dan 30 orang masih menunggu hasil. Untuk pemeriksaan rapid test sudah dilakukan kepada 100 orang,” sebut Ernest. (*/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed