oleh

39 Pasien Covid-19 Dirawat di Kupang, 700 Orang Masih Tunggu Hasil Swab

Kupang, RNC – Pasien positif Covid-19 di Kota Kupang kembali bertambah. Berdasarkan data terbaru yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kupang, Sabtu (3/10/2020), ada tambahan 5 kasus. 4 orang diantaranya berjenis kelamin perempuan dan 1 laki-laki. Dengan penambahan 5 kasus, maka di Kota Kupang hingga saat ini tercatat ada 92 orang positif Covid-19. 49 di antaranya sudah sembuh, 39 masih dirawat dan 4 orang meninggal dunia.

BACA JUGA: Dalam Seminggu NTT Catat 62 Kasus Covid-19, Ini Datanya

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kupang Ernest Ludji¬†mengatakan, 4 pasien perempuan yang baru terkonfirmasi positif Covid, saat ini sudah dirawat di Rumah Sakit Tentara (RST) Wira Sakti Kupang. “Empat pasien ini berusia 15, 16, 17 dan 24 tahun. Ini merupakan hasil tracing terhadap orang-orang yang kontak erat dengan kasus 73,” sebut Ernest.

“Kasus ini adalah kasus transmisi lokal dan dalam keluarga di Kelurahan Kuanino. Sekarang masih dalam tracing lanjutan,” sambung Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Kupang itu.

Sedangkan 1 pasien laki-laki berusia 30 tahun, kata Ernest, kasus ini merupakan hasil tracing terhadap orang-orang yang kontak erat dengan pasien dari klaster BPN. “Yang bersangkutan berdomisili di Kelurahan Naimata dan saat ini sudah dirawat di RST Wira Sakti,” terang Ernest.

Menurut Ernest, kasus Covid di Kota Kupang kemungkinan besar masih akan terus bertambah. Sebab hasil swab tes terhadap orang-orang yang kontak erat dengan pasien positif Covid, belum semuanya keluar atau belum diketahui hasilnya. Jumlahnya sekitar 700 sampel.

“Dari hasil tracing, orang-orang yang kontak erat dengan pasien positif sudah diambil sampelnya untuk dites. Ada yang sudah keluar hasilnya, tapi ada banyak sampel yang belum diketahui hasilnya. Di Kota Kupang ada sekitar 700 sampel yang hasilnya belum keluar,” kata mantan Sekretaris Dinas Kebersihan Kota Kupang ini.

BACA JUGA: Positif Covid-19 di NTT Bertambah 16 Orang, 5 di Kupang, 11 di Flotim

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kupang, lanjut Ernest, berharap hasil swab test terhadap 700 sampel, semuanya negatif. Namun dari pengalaman selama ini, hasil swab tes terhadap orang-orang yang kontak erat dengan pasien positif, selalu ada penambahan kasus positif.

Ernest menambahkan, Gugus Tugas Covid tidak bisa memastikan kapan hasil swab tes terhadap 700 sampel itu keluar atau diketahui hasilnya. Sebab Laboratorium Biomolekuler RSUD W.Z. Johannes Kupang memeriksa sampel-sampel yang yang dikirim dari semua daerah di NTT. “Ketergantungan terhadap laboratorium biomolekuler RSUD W.Z. Johannes Kupang sangat tinggi. Karena memang semua sampel dari seluruh daerah di NTT diperiksa di sana,” ungkapnya. (rnc09)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed