oleh

Akhiri Mabim Mahasiswa Baru, FKP Undana Gelar Gathering di Desa Tablolong

Oelamasi, RNC – Kegiatan masa bimbingan mahasiswa baru tahun ajaran 2019/2020 Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) Undana berarkhir di Desa Pesisir Tablolong, Kecamatan Kupang Barat, Sabtu (28/9/2019).
Kegiatan ini digandeng dengan gathering. Tujuannya untuk menjalin keakraban dan persekutuan yang terjalin di antara keluarga besar FKP Undana. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa, dosen dan staf pegawai FKP Undana.

Desa Tablolong dipilih sebagai lokasi sasaran pengenalan dan pembelajaran bagi mahasiswa baru karena memiliki potensi perikanan yang besar, seperti potensi budidaya dan penangkapan ikan. Di lokasi ini juga terdapat Balai Benih Ikan Pantai (BBIP) milik Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi NTT dan pabrik rumput laut terbesar di NTT yaitu PT Rote Karagenan Nusantara (RKN).

Hal ini tentu menjadi tolok ukur pengenalan dan pembelajaran bagi mahasiswa baru. Mereka secara langsung turun ke lapangan berbaur dengan masyarakat pesisir dan melihat potensi sumberdaya perikanan, aktivitas masyarakat pesisir, bahkan usaha budidaya rumput laut serta kegiatan penangkapan ikan.

Pada PT RKN mahasiswa akan belajar bagaimana kegiatan pasca panen rumput laut, pemilihan bibit hingga prosessing ATC chips rumput laut. Sedangkan pada BBIP mahasiswa belajar mengenai kegiatan budidaya ikan laut dan udang, konstruksi budidaya, teknik budidaya hingga pemanenan.

Metode pengenalan dan pembelajaran ini dimaksud agar mahasiswa baru mendapat bekal nyata di lapangan terkait seluruh kegiatan perikanan marikultur yang ada di Kupang. Kegiatan mabim ini secara tidak langsung menjabarkan tujuan visi dan misi FKP Undana “Menjadi fakultas global dan pelopor IPTEK di bidang kelautan dan perikanan berbasis kepulauan semiringkai pada tahun 2025”.

Antusias pengurus Ormawa yang terdiri dari Ketua BEM (Parti A. Lakameng), ketua HIMPRO BDP (Daud Londong), ketua HIMPRO MSP (Frederikus Uku) telah membentuk panitia mabim Maba FKP 2019 yang diketuai Firgilius Emilius Rassa Mally.

Panitia ini beranggotakan mahasiswa yang memiliki ide-ide kreatif dan penuh inovasi, menjalankan tugas dengan penuh kekompakan serta rasa tanggung jawab sehingga menciptakan rangkaian acara yang begitu bermanfaat. Kegiatan ini yang telah berlangsung setiap Sabtu ini telah mengajarkan mahasiswa baru banyak hal. Bahkan akan membantu mereka sebagai modal awal untuk memahami dunia perikanan dan kelautan saat perkuliahan nanti. Manfaat ini tidak saja dirasakan oleh mahasiswa, namun juga akan mempermudah dosen dalam proses belajar mengajar saat perkuliahan.

Selain pengurus ORMAWA dukungan sumbangan sukarela berupa transportasi truk dan angkot bagi mahasiswa baru dari mahasiwa An Olga Fransina Nubatonis dan Siti Qanita R. Djaha serta pihak Korem Wirasakti berupa dua unit truk dalmas menjadi suatu bentuk apresiasi yang luar biasa.

Wakil Dekan Kemahasiswaan FKP Undana Dr. Cindy Soewarlan, M.Si mengapresiasi kegiatan ini. Ia tidak menyangka apa yang telah dilakukan oleh mahasiswa pada kegiatan ini. Dimana telah memberikan dampak yang luar biasa bagi sistem perkuliahan yang ada di FKP.

Selanjutnya sebagai Koordinator Kepanitiaan Dr. Franche Liufeto, M.Si mengucapkan terima kasih untuk semua pihak yang turut terlibat dalam kegiatan ini baik itu Pemerintah Desa Tablolong beserta masyarakat desa, DKP Provinsi NTT UPT BBIP Tablolong dan PT RKN. Ia berharap ke depannya bisa menjalin hubungan kerja sama yang mendalam di bidang perikanan dan kelautan berupa pemberdayaan, pengembangan, maupun kajian penelitian.

Di hadapan Dekan, Wakil Dekan III, dosen dan mahasiswa FKP, ia berjanji akan memperkenalkan FKP lebih luas, bahkan nantinya melalui kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Bipolo akan ada hubungan timbal balik yang akan dirasakan oleh pihak FKP maupun masyarakat pesisir di Desa Bipolo. (*/rnc02)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *