oleh

Antisipasi Musibah Pesawat, Kantor SAR Maumere Kerja Sama dengan Bandara Frans Seda

Maumere, RNC – Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere melaksanakan penandatanganan LOCA (Letter Of Operational Coordination Agreement) dengan Kantor Penyelenggara Bandar Udara Fransiskus Xaverius Seda Maumere guna upaya koordinasi SAR apabila terjadi kecelakaan pesawat udara di wilayah Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

“Kejadian kecelakaan atau musibah tidak dapat diprediksi dengan pasti kapan terjadi yang kita dapat lakukan ialah meningkatkan keselamataan dan kesiapsiagaan, dengan adanya Penandatangan Loca (Letter Of Operational Coordination Agreement) antara Kantor Basarnas Maumere dan Kantor UPBU Frans Seda menjadi bukti awal kesiapan respon time Basarnas Maumere bersama pihak Bandara Frans Seda apabila terjadi laka pesawat udara di wilayah Kabupaten Sikka,” terang Kepala Basarnas Maumere saat menyampaikan sambutan dalam acara penandatanganan Loca bertempat di Aula Kantor Basarnas Maumere.

Ia mengapresiasi langkah awal Basarnas Maumere untuk pendatanganan Loca ini. Apalagi pihak Bandara Frans Seda Maumere bergabung dalam ICAO (International Civil Aviation Organization) sangat perlu menyampaikan dan mengaplikasikan sesuai peraturan ICAO tentang pelaksanaan SAR apabila terjadi laka pesawat udara.

Sementara itu, Kabiro Hukum dan Kerja Sama Basarnas, Didi Hamzar via zoom menyampaikan penandatangan Loca ini merupakan dokumen legal yang berpedoman pada pelaksanaan koordinasi operasional penerbangan dan merupakan peraturan pelengkap yang mengatur secara lebih teknis segala ketentuan yang sudah disepakati kedua belah pihak.

“Saya berharap setelah penandatanganan ini Kantor Basarnas Maumere terus menjalin kerjasama dalam bidang SAR dengan Bandara Frans Seda Maumere dan berikutnya Basarnas Maumere akan melakukan penandatangan dengan Otoritas Bandara Wilayah IV Bali,” ungkap Didi Hamzar. (*/rnc)

Baca Juga:  Keluarga Besar Maumere Kupang Nyatakan Dukungan untuk Paket Jeriko-Adinda

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *