oleh

Bagaimana Kabar 15 ODP yang Kontak dengan El Asamau? Ini Penjelasan Pemkot Kupang

Kupang, RNC – Sebanyak 15 orang tercatat melakukan kontak langsung dengan pasien positif 01 di NTT, El Asamau. Mereka saat ini sedang mendapat penanganan khusus oleh Gugus Tugas Covid-19 Kota Kupang.

Hal ini disampaikan Juru bicara Gugas Covid-19 Ernest Ludji, di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Kupang, Jumat (17/04/2020) petang.

Diketahui sebelumnya sesuai pengakuan pasien 01 beberapa waktu lalu saat menunggu hasil swab dari RSU W.Z. Johannes Kupang, pasien tersebut sempat melakukan aktifitas di luar rumah sakit. Ia sempat jalan-jalan bersama beberapa rekannya. Termasuk mengunjungi rumah makan di kawasan Oeba.

Kepada RakyatNTT.com, Ernest menjelaskan Pemerintah Kota Kupang melalui gugus tugas sudah melakukan penanganan. Ke-15 ODP ini saat ini sedang menjalani karantina mandiri di bawah pengawasan gugus tugas. “Mereka juga sudah melalui rapid test pertama dan dinyatakan negatif,” kata Ernest.

Selanjutnya, ke-15 orang tersebut akan menjalani tes kedua pada hari ke-10 nanti. Sebab, untuk mengetahui hasil positif atau negatif mesti menunggu masa inkubasi dari virus tersebut.

“Kita terus lakukan upaya-upaya pemantauan, sehingga dia tetap mengikuti karantina mandiri, sehingga dia juga tidak melakukan aktifitas sosial kemasyarakatan ke mana-mana,” katanya.

Ernest menjelaskan tes kedua nanti sangat menentukan, apakah benar orang-orang tersebut terpapar covid-19 atau tidak. Oleh karena itu, ia mengharapkan dukungan dari seluruh masyarakat untuk mendoakan ke-15 orang dan satu pasien positif agar tidak positif covid-19 dan juga pasien positif saat ini bisa sembuh total.

“Karena sekuat apapun pemerintah bekerja, tapi kalau tidak didukung dari ketaatan masyarakat, wabah ini tidak akan bisa kita tekan dengan baik,” ujarnya.

Terkait satu ODP yang sudah kembali ke Kabupaten Alor, Ernest mengungkapkan telah dikonfirmasi bahwa yang bersangkutan sudah mendapat penanganan dari Gugus Tugas Kabupaten Alor. (rnc04)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed