oleh

Bimtek IV Selesai, Ini Road Map Kupang Smart City Satu hingga 10 Tahun ke Depan

Iklan Demokrat

Kupang, RNC- Bimbingan teknis (Bimtek) IV Kupang Smart City telah selesai dilaksanakan Kamis (10/10/2019) di Hotel Neo by Aston. Bimtek dihadiri lebih dari 100 peserta dari seluruh OPD serta camat dan lurah.

Pembimbing Bimtek Smart City, Ir. Andrari Grahitandaru, M.Sc menjelaskan road map Kupang Smart City mencakup Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society, dan Smart Environment. “Semua program yang sudah tercantum ke dalam master plan sudah terdapat program-program yang menuju smart city, mulai dari program satu tahun, lima tahun dan sepuluh tahun dengan e-Goverment sebagai sistem berbasis elektronik, sehingga setiap dinas tidak lagi membangun server sendiri,” jelas Andrari.

Iklan Dimonium Air

Ia menjelaskan program Smart Economy dalam desain smart city mencakup bagaimana masyarakat dapat dekat dengan perbankan dan menggunakan transaksi nontunai. Juga program-program ekonomi kreatif lainnya.

Kemudian Smart Branding mencakup program pengembangan pemasaran pariwisata, peningkatan promosi dan kerja sama investasi, peningkatan kemampuan teknologi industri, dan pengelolaan ruang terbuka hijau (RTH).

Smart Society mencakup program pelayanan dan rehabilitasi kesejahteraan sosial, manajemen pelayanan pendidikan, pengembangan budaya baca dan pembinaan perpustakaan, penerapan Sistem Inovasi Daerah (SIDa), dan perencanaan pembangunan daerah rawan bencana.

Smart Living mencakup program pengawasan obat dan makanan, peningkatan sistem informasi kesehatan, pembinaan dan pemasyarakatan olahraga, peningkatan pelayanan angkutan, dan peningkatan penataan perparkiran. (*/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed