oleh

Buka Juli, Wisata Labuan Bajo Cuma untuk Warga NTT

Sabun Herbal Cyrus

Labuan Bajo, RNC – Sebagai satu dari lima destinasi superprioritas, Labuan Bajo dikabarkan kembali buka Juli mendatang. Tapi, masih terbatas untuk warga NTT.

Memasuki new normal, nama wisata Labuan Bajo mulai terdengar kembali bersama dengan Bali. Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pun mengatakan berencana membuka kembali Labuan Bajo pada Juli.

BACA JUGA: Mau Liburan ke Taman Nasional Komodo? Ini Aturannya

“Kemudian Pulau Komodo, Labuan Bajo, itu juga oleh Gubernur dilaporkan siap. Bali juga sudah siap. Around Juli semua lah,” ujar Luhut usai rapat di kantornya Jumat (19/6/2020).

Lantas, bagaimana dengan persiapan Labuan Bajo? Direktur Utama Badan Otorita Labuan Bajo Flores, Shana Fatina pun memberikan bocorannya dalam webinar pariwisata dan adaptasi tatanan baru yang diselenggarakan oleh GENPI Nasional, Jumat lalu (19/6).

“Sedikit update, sambil COVID ini juga pembangunan di Labuan Bajo tetap berlangsung. Kami tetap menyiapkan bandara untuk menuju internasional tahun 2020. Mudah-mudahan ketika usai COVID wajah Labuan Bajo telah siap,” ujar Shana.

Mengikuti kampanye Kemenparekraf soal Clean, Healthy dan Safety atau disingkat CHS, hal serupa juga tengah diterapkan Shana di Labuan Bajo. Kerjasama dengan semua pihak terkait juga telah dilakukan.

“Yang kami lakukan saat ini juga benar-benar memetakan, mulai dari alur kedatangan dari bandara pelabuhan, aktifitasnya, restoran, toko-toko, objek wisata, wisata bahari dan transportasi kami pastikan menggunakan protokol kesehatan, kemudian di penginapan dari hotel sampai kapal wisata,” Shana menjelaskan.

Lebih lagi, Shana juga menyambut baik kerjasama dari semua pihak pelaku wisata di Labuan Bajo yang disebutnya sangat koperatif. Kini, seluruh Labuan Bajo bebersih dan bebenah untuk menyambut New Normal.

BACA JUGA: RSUD Komodo Punya Lab TCM, Bisa Periksa Swab Pasien Covid-19

“Saat ini kami sedang menyiapkan fasilitas uji coba. 12 juni Gubernur NTT keluarkan New Normal termasuk pariwisata. Harapannya dari kami 2 bulan bisa kembali normal dan memang untuk pembukaan ini awalnya adalah untuk masyarakat NTT dulu dan kami akan evaluasi,” tutup Shana.

Apabila evaluasi berlangsung baik, maka nantinya wisata Labuan Bajo juga akan dibuka untuk masyarakat di luar NTT. Traveler harap sabar ya.

(detikcom/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed