oleh

Cegah Praktik ‘Ordal’, PPDB di Kota Kupang Diawasi Polisi dan Jaksa

Kupang, RNC – Penerimaan peserta didik baru (PPDB) khusus SD dan SMP di Kota Kupang akan dipantau apparat penegak hukum. Pasalnya, PPDB sering dinodai dengan praktik calo atau titipan orang dalam (ordal). Hal ini ditegaskan Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Okto Naitboho, Jumat (14/6/2024).

Dikonfirmasi RakyatNTT.com, Okto mengatakan PPDB untuk SD dan SMP se-Kota Kupang akan dilakukan dengan 2 jalur, yakni jalur online dibuka pada 19 sampai 21 Juni 2024 dan jalur offline atau pendaftaran secara mandiri ke sekolah dibuka pada 19-22 Juni 2024.

Okto menyampaikan, pendaftaran siswa untuk tahun 2024 ini akan diawasi langsung oleh tim Kejaksaan Negeri dan Polres Kupang Kota. Hal ini dilakukan agar mencegah praktik mafia dan pemaksaan pendaftaran peserta didik baru yang tidak memenuhi kriteria atau syarat pada suatu sekolah.

Ia mencontohkan, salah satu praktik yang sering terjadi yakni siswa yang berdomisili di luar zonasi sekolah, tetapi dipaksakan untuk masuk dan diterima oleh sekolah. “Jadi yah jangan kita masyarakat ini domisili di Lasiana lalu mau sekolah di SMPN 2. Nah, ini selalu jadi begini. Kalau kita matikan nanti mereka mencari pihak-pihak tertentu, ini salah,” jelasnya.

Okto mengatakan, seluruh sekolah, baik negeri maupun swasta di Kota Kupang telah mendapatkan batas-batas atau ketentuan jumlah penerimaan siswa yang disesuaikan dengan zonasi. Ini berdasarkan SK Wali Kota, termasuk aturan jumlah kelas sesuai standar pelayanan minimal pendidikan dasar.

Oleh karena itu, secara sistem semua data penerimaan siswa baru akan terdeteksi. Pendaftaran otomatis ditolak jika sekolah sudah memenuhi kuota.
“Pihak-pihak yang mau mempengaruhi kami, kami minta hentikan kerja-kerja begitu untuk tahun ini. Mari kita sama-sama kerja sesuai koridor karena kita sama-sama dipantau oleh kejaksaan dan kepolisian,” tegasnya.

Baca Juga:  ASN Pemkot Kupang Ikut Sosialisasi Pencegahan Korupsi melalui MCP

Pemkot Kupang sudah menandatangani pakta integritas bersama APH yang berlangsung tiga pekan lalu di Hotel Kristal Kupang. (rnc04)

Ikuti berita terkini dan terlengkap di WhatsApp Channel RakyatNTT.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *