oleh

Corona di Kupang Tak Terkendali, Tembus 1.039 Kasus, Ada 2.000 Sampel Reaktif

Iklan Covid Walikota Kupang

Kupang, RNC – Kasus covid-19 di Kota Kupang meningkat drastis pada Desember ini. Hingga Rabu (30/12/2020) tercatat sudah 1.039 orang terkonfirmasi positif. Dari jumlah ini, 337 sudah sembuh dan 30 meninggal dunia. Masih ada 672 pasien sementara dirawat dan dikarantina.

Kepada RakyatNTT.com, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Kupang, Ernest Ludji menyampaikan peningkatan kasus ini akibat semakin banyak yang berkontak erat dengan pasien positif. Apalagi saat ini klaster lokal mendominasi.

Iklan Dimonium Air

Ia mengungkapkan, hal ini membuat pemerintah cemas. Namun demi pelayanan kepada masyarakat, Pemkot Kupang terus berjuang agar ada penurunan kasus. “Kami mengharapkan masyarakat mematuhi protap pencegahan. Selalu menggunakan masker dengan baik, mencuci tangan, menjaga jarak serta menghindari kerumunan,” kata Ernest.

BACA JUGA: Data Covid-19 NTT 30 Desember: 74 Orang Positif, 2 Meninggal Dunia

Ernest mengatakan jumlah kasus baik signifikan pada akhir tahun ini. Saat ini sudah mencapai angka 1.039 kasus. Paling banyak adalah klaster transmisi lokal, persentasenya 85 persen.

Ia mengatakan jika tak terkendali, maka dikhawatirkan akan semakin mencekam pada tahun 2021 nanti. Pasalnya, masih ada lebih dari 2.000 spesimen sampel swab reaktif yang belum diperiksa di Laboratorium Biomolekuler Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang. “Sebagaian besar didominasi oleh transmisi lokal,” kata Ernest.

Ia juga menyatakan, kesadaran masyarakat saat ini sangat penting. Menurutnya, perlu ada perjuangan bersama menekan peningkatan wabah corona di Kota Kupang. “Oleh karena itu sekarang ini kami tidak sementara menakut-nakuti warga kota, yang terjadi saat ini adalah Covid-19 sudah semakin dekat dengan keluarga kita masing-masing,” pungkasnya. (rnc04)

  • 538
    Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed