oleh

Dimonim Air Angkut Ratusan Rapid Test dan VTM ke Sumba dan Flores

Kupang, RNC – Pemerintah Provinsi NTT mencarter pesawat Dimonim Air untuk mengangkut alat rapid test dan viral transport media (VTM) ke daratan Sumba dan Flores, Sabtu (9/5/2020).

Sekretaris I Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTT, dr. Dominikus Minggu Mere, Sabtu sore tadi menjelaskan penerbangan perdana sudah dilakukan untuk mengangkut rapid test dan VTM ke daratan Sumba dan Flores. Dan sebaliknya membawa sampel swab dari kabupaten ke provinsi.

Disebutkan, hari ini ada tiga lokus penerbangan, yakni Kupang-Waingapu untuk meng-cover daratan Sumba. Ini dalam rangka mendistribusi rapid test dan VTM yang digunakan untuk mengirimkan sampel swab. “Media ini (VTM) cukup langka di kabupaten,” ujar Domi.

Selain itu, dari Waingapu penerbangan menuju Labuan Bajo untuk menurunkan rapid test dan VTM untuk Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur. “Pada saat menurunkan VTM dan rapid test pesawat mengangkut sampel swab di tiga kabupaten itu,” jelas Domi.

Selanjutnya, dari Labuan Bajo pesawat terbang ke Bandara Frans Seda di Maumere untuk mendroping VTM dan rapid test untuk kabupaten lainnya yakni Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka, Flores Timur dan Lembata.

Total rapid test yang dikirim ke 13 kabupaten sebanyak 520 dan total VTM sebanyak 720. Domi berharap kabupaten bisa segera menggunakan untuk mengirim swab ke provinsi sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Sedangkan untuk daratan Timor, kata Domi, seluruh kabupaten menggunakan sarana transportasi darat. Untuk Rote dan beberapa kabupaten lain menggunakan sarana transportasi laut. “Tapi kalau jumlahnya banyak kita akan mengerahkan pesawat untuk mendroping, misalnya dari Alor, Sabu ke Kupang,” katanya. (rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed