oleh

Donor Darah, Aksi Teman Jeriko agar Bangsa Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat

Kupang, RNC – Memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Teman Jeriko menggelar aksi kemanusiaan berupa donor darah. Aksi yang melibatkan berbagai golongan masyarakat ini berlangsung di Posko Jeriko, Jl. Sam Ratulangi II, Nomor 2, Kelurahan Kelapa Lima, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Selasa (16/8/2022).

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 08.00 sampai 12.00 Wita. Tampak puluhan warga antusias ingin mendonorkan darahnya. Tak hanya dari masyarakat biasa, ada juga ASN maupun karyawan swasta. Namun, ada beberapa di antaranya tidak memenuhi syarat untuk mendonor karena Hb rendah ataupun tekanan darah tinggi.

Ketua Teman Jeriko, Yan Piter Lilo menyampaikan aksi donor darah ini sebagai bentuk peduli terhadap kemanusiaan. Aksi ini juga dilakukan sebagai bentuk mendukung pemulihan pasca pandemi Covid-19.

“Kami melakukan ini satu napas dengan tema HUT ke-77 RI, yakni pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat,” katanya.

Ia juga mengapresiasi warga dari berbagai golongan yang ikut menyukseskan aksi ini. Sejak pagi terdapat sejumlah tukang ojek online dan warga sipil bahkan ASN yang ikut hadir. “Antusias cukup banyak dari kalangan warga. Kami apresiasi karena kesadaraan dan solidaritas kemanusiaan tumbuh subur di kota tercinta ini,” ungkapnya.

Camat Kelapa Lima, I Wayan Astawa yang juga hadir untuk mendonorkan darahnya memberikan apresiasi atas kegiatan yang diinisiasi Teman Jeriko. Menurutnya, aksi ini sangat positif dan merupakan aksi peduli kemanusiaan.

Ia berharap gerakan-gerakan kecil seperti yang dilakukan Teman Jeriko bisa memberikan pengaruh terhadap masyarakat agar dapat menyumbangkan setetes darahnya bagi warga lain yang sangat membutuhkan.

“Kita harap ini bisa berlanjut terus, ada aksi donor darah ini sebagai sumbangsih bagi bangsa kita,” pungkanya.

Baca Juga:  PDIP NTT Resmi Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah

Untuk diketahui, hasil donor darah Teman Jeriko dalam rangka HUT RI ini,
dari 64 calon pendonor, 47 berhasil mendonorkan darahnya. Rinciannya, 20 kantong untuk golongan darah O, 9 kantong untuk golongan darah A, 17 kantong untuk golongan darah B, dan 1 kantong untuk golongan darah AB.

(*/rnc)

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *