oleh

Dukung Aksi Bersih Sampah, Warga Bongkar Sendiri Kandang Babi di Bantaran Kali

Iklan Demokrat

Kupang, RNC – Sudah tiga hari petugas dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Kota Kupang menyerbu sampah di dalam kali di belakang Pasr Kasih Naikoten I, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang.
Camat Kota Raja Rudi Abubakar dan Lurah Naikoten I Budi Izaac bersama Kepala Dinas LHK, Yeri Padji Kana melakukann pendekatan dengan warga di bantaran kali.

Warga diminta untuk membongkar kadang babi di yang dibangun di bantaran kali. Pasalnya, sampah-sampah di kali berasal dari kotoran babi, termasuk limbah bulu ayam di bantaran kali. Oleh karena itu, melalui pendekatan persuasif, warga dengan sendirinya mau membongkar kandang babinya. Kamis (25/7/2019), petugas juga sudah membongkar beberapa kandang babi menggunakan satu unit excavator. Di bantaran kali ini terdapat 14 kandang babi. Oleh karena itu, semuanya akan dibongkar.

Iklan Dimonium Air

Theresia Kale Lena, salah satu warga pemilik kandang babi di bantaran kali, mengatakan dirinya siap mendukung pemerintah membersihkan kali tersebut. Oleh karena itu, ia bersama petugas sama-sama membongkar kandangnya. “Iya, untuk kebersihan. Silakan kita bongkar kandang babi. Semua di sini harus dibongkar supaya kali lebih bersih,” kata Theresia.

Terkait ini, Kepala Dinas LHK, Yeri Padji Kana mengatakan ibu Theresia Kale Lena sudah memberi contoh bagi warga lainnya. Oleh karena itu, semua warga di bantaran kali wajib menjaga kebersihan. Tidak boleh lagi membuang sampah ke kali. “Kita sudah bersihkan kali maka tidak boleh lagi buang sampah di kali. Tempat sampah sudah kita siapkan. Silakan taru limbah di karung dan taru di tempat sampah. Nanti kita angkut dengan truk tiap hari,” kata Yeri. (rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed