oleh

Erupsi Gunung Ile Lewotolok Disertai Bunyi Gemuruh, Warga Diminta Waspada

Iklan Demokrat

Lewoleba, RNC – Aktivitas Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Provinsi NTT, semakin meningkat. Erupsi lava pijar yang disertai gempa permukaan dan bunyi gemuruh, membuat warga yang berdiam di sekitar lereng gunung panik.

“Erupsi lava pijar ini juga disertai gempa permukaan dan bunyi gemuruh,” ungkap Stanislaus Ara Kian, Pengamat Gunung Api, kepada RakyatNTT.com, Senin (4/10/2021).

Iklan Dimonium Air

Menurut Stanislaus, sejak kemarin, telah terjadi erupsi sebanyak 60 kali dan sampai siang tadi sudah mencapai 120 kali erupsi. Dimana, tinggi kolom abu berkisar antara 200 hingga 700 Meter.

Dengan melihat kondisi seperti ini, maka pihaknya mengimbau warga masyarakat yang berdiam sekitar lereng gunung, terutama yang berada pada daerah aliran lava, agar tetap waspada terhadap lontaran material panas dan juga abu panas dari gunung api tersebut.

Sejak terjadinya erupsi pada tanggal 29 November 2020 lalu, Gunung Ile Lewotolok masih dalam status siaga. Warga juga diminta untuk tidak melakukan pendakian dan tidak beraktivitas dalam radius 3 Km dari permukaan kawah gunung itu. (rnc24)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed