oleh

Hanya 32 Persen Masyarakat Indonesia yang Patuhi Protokol Kesehatan

Jakarta, RNC – Jumlah masyarakat yang menerapkan protokol kesehatan secara lengkap seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan secara bersamaan hanya mencapai 32 persen. Data ini disampaikan oleh Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Reisa Brotoasmoro.

Data yang disampaikan Reisa ini merupakan hasil survei terkini dari Unicef dan Nielsen terhadap perkembangan Covid-19. Survei tersebut dilakukan pada 2000 responden di wilayah Jabodetabek, Medan, Bandung, Semarang, Surabaya dan Makassar.

“Sebagian besar responden mempraktekkan salah satu atau hanya dua saja, dari tiga langkah 3 M (mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan),” kata Reisa di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (2/11/2020) dilansir dari detikcom.

Masyarakat disebut masih lalai dalam menerapkan keseluruhan protokol kesehatan 3M. Namun hampir sebagian besar masyarakat masih kesulitan dalam menjaga jarak.

“Menjaga jarak ini menjadi langkah 3M yang masih jarang dilakukan. Padahal, 3M itu sepaket,” lanjut Reisa.

BACA JUGA: Data Covid-19 Kota Kupang: 24 Pasien dari 9 Kelurahan, Oesapa Terbanyak

Pemerintah juga terus berupaya dalam menegakkan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Bahkan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 membuat aplikasi untuk memantau penerapan protokol kesehatan di masyarakat.

“Jadi kita butuh untuk melihat protokol kesehatan secara realtime, terintegrasi dan sistematis. Maka lahirlah sistem monitoring perubahan perilaku yang ada di tengah-tengah masyarakat. Jadi ada dua yang dibangun sebenarnya satu aplikasi untuk petugas di lapangan yang akan menginput data berdasarkan apa yang dilihat pada saat itu juga, dan yang kedua adalah dashboard-nya untuk melihat hasil dengan cara data yang sangat banyak sudah terkumpul langsung dianalisis secara cara otomatis,” kata Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Covid-19, Dewi Nur Aisyah.

(*/dtc/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed