oleh

Identitas Virus Corona di Indonesia Terungkap, Samakah dengan Virus di Wuhan?

Jakarta, RNC – Hingga saat ini total kasus Corona di Indonesia sudah mencapai 41 ribu kasus. Terakhir penambahan kasus Corona masih menyentuh angka seribu, seperti apa sih identitas virus Corona di Indonesia?

Ahli virologi Universitas Udayana Prof Ngurah Mahardika menjelaskan jenis virus Corona di Indonesia tidak berbeda jauh dengan di Wuhan. Ada beberapa perbedaan tetapi tidak membuat virus Corona di Indonesia kemudian menjadi ganas.

“Kita lihat bahwa ada beberapa virus yang bahkan persis dengan Wuhan, ada yang beda tetapi tidak banyak,” jelasnya di siaran langsung BNPB melalui kanal YouTube Kamis (18/6/2020).

BACA JUGA: Dexamethasone Dijuluki ‘Obat Dewa’, Kini jadi ‘Obat Corona’

“Tetapi virus di Indonesia agak berbeda dengan Wuhan tetapi tidak pada reseptor pada binding site. Kalau berubah di binding site-nya berarti virus ini (Corona) ganas kemudian antibodi tidak berperan dan sebagainya,” lanjutnya.

Prof Ngurah menjelaskan artinya virus Corona di Indonesia tidak berubah menjadi ganas. Namun Prof Ngurah mengimbau agar masyarakat Indonesia tetap mematuhi protokol kesehatan demi menghindari virus Corona di Indonesia bermutasi menjadi lebih ganas.

“Iya supaya tidak bermutasi patuhi protokol aman COVID-19. Setiap orang punya tugas untuk membuat virus ini tidak begitu bebas bermutasi dengan perilaku yang aman COVID-19,” pungkasnya.

(naf/up/detikcom/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed