oleh

Jumlah ODP di NTT Menurun tapi Waspada Terhadap OTG, Ini Alasannya

Kupang, RNC – Gugus Gugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTT merilis data terbaru perkembangan Covid-19 tingkat provinsi. Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) mulai menurun.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTT, Marius Jelamu, dalam jumpa pers, Sabtu (2/5/2020) malam, menyebutkan data orang tanpa gejala (OTG) di NTT sebanyak 382 orang. Yang selesai dipantau 61 orang, sehingga masih tersisa 321.

Sementara jumlah ODP 1.653 orang dan saat ini tinggal 399 orang. sebanyak 1.253 telah selesai pemantauan. Masih ada 385 orang menjalani karantina mandiri dan 33 orang dalam karantina terpusat. Sedangkan sesuai rekapan data ada 1 orang meninggal dunia.

Marius menambahkan eskalasi data ODP mebuktikan adanya penurunan. Hal ini disebabkan kebijakan untuk membatasi arus migrasi ke NTT. “Sangat logis karena memang kita membatasi arus orang yang masuk melalui pelabuhan laut dan udara, sehingga angka itu cenderung menurun,” ungkapnya.

Sedangkan terkait orang tanpa gejala (OTG), menurut Marius, setiap kabupaten/kota perlu melakukan kontrol yang ketat. Pasalnya berdasarkan kasus positif yang dialami saat ini bermula dari OTG. “Memang sesuai pengalaman kita, pasien 01 sebelumnya adalah OTG kemudian dalam perkembanagan terkena virus corona,” pungkasnya. (rnc04)

Baca Juga:  BPOM Buka Suara soal Efek Samping Vaksin Covid AstraZeneca

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *