oleh

Kabar Gembira, Jokowi Bakal Tambah 2 Bendungan Lagi di NTT

Iklan Covid Walikota Kupang

Maumere, RNC – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana menambah dua bendungan lagi di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), sehingga totalnya menjadi sembilan. Hal itu bisa dibilang istimewa karena jumlah bendungan per provinsi dinilai tidak pernah sebanyak itu.

Jokowi mengatakan rencana awalnya membangun tujuh bendungan di NTT dan baru terealisasi tiga. Namun Gubernur NTT Viktor Laiskodat meminta tambahan dua bendungan lagi.

Iklan Dimonium Air

“Tadi pagi Gubernur (NTT) menyampaikan kepada saya minta tambah dua lagi (bendungan), padahal provinsi yang lain paling banyak itu dua atau satu,” kata Jokowi saat meresmikan Bendungan Napun Gete di Sikka, Selasa (23/2/2021) seperti dikutip dari detikcom.

Ketiga bendungan yang telah selesai dibangun di NTT adalah Bendungan Raknamo di Kupang pada 2018, Bendungan Rotiklot di Kabupaten Belu pada 2019 dan yang baru diresmikan Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Seharga Hampir Rp 1 Triliun

Meski begitu, Jokowi menyebut tambahan bendungan di NTT memang diperlukan. “Tapi ya memang di sini (bendungan) dibutuhkan, bukan dibutuhkan, (tetapi) sangat dibutuhkan,” ucapnya.

Tak hanya bendungan, pemerintah daerah (Pemda) setempat juga menyarankan pembangunan beberapa sumur bor hingga embung untuk memaksimalkan ketersediaan air. Apabila seluruh bendungan selesai, produktivitas masyarakat di NTT diharapkan dapat meningkat tajam.

“Inilah permintaan yang benar, permintaan yang betul. Jangan minta yang lain-lain, itu betul. Sudah, ini benar dan nanti akan kita lihat lumbung pangan yang ada di Kabupaten Sumba Tengah. Nanti di sini juga kalau hamparannya jadi juga bisa menjadi lumbung pangan,” tandasnya.

(*/dtc/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed