oleh

Kegiatan PMPRB, Wujudkan Reformasi Birokrasi demi TNI AD yang Modern dan Tepercaya

Kupang, RNC – Kepala Staf Korem 161/Wira Sakti, Kolonel Cpl. Simon Petrus Kamlasi beserta staf turut serta mengikuti Video Conference dalam rangka pembukaan Review Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) yang dipimpin langsung Kepala Staf Kodam IX/Udayana. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Sonbai II, Makorem 161/Wira Sakti, Jalan W.J. Lalamentik, Oebufu, Kota Kupang, Rabu (30/11/2022).

Sambutan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Letnan Jenderal TNI Agus Subiyanto dibacakan oleh Ketua Tim Review Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi TK. Kotama Tahun Anggaran 2022, Kolonel Arm. Budi Suwanto, S.Sos., mengucapkan terima kasih kepada
para Ketua Pelaksana dan Ketua Bidang Reformasi Tingkat Kotama TNI Angkatan Darat atas keseriusan dan dedikasi terhadap tugas yang telah ditunjukkan, sehingga program Reformasi Birokrasi TNI-AD mengalami peningkatan yang signifikan

banner BI FAST

Reformasi Birokrasi TNI-AD, kata dia, sebagai bagian reformasi internal TNI merupakan komitmen sebagai institusi publik untuk mewujudkan pemerintah yang bersih, kapabel dan akuntabel. “Komitmen ini kita harus perkuat sebagai pendorong dalam mewujudkan TNI-AD sebagai lembaga pemerintah yang lebih modern dan terpercaya. Seperti yang kita ketahui bahwa hasil penilaian Reformasi Birokrasi TNI-AD pada tahun 2021 ini menunjukkan peningkatan 1,38 poin dari semula 69,11 poin menjadi 70,49 poin,” kata Wakasad.

Di tempat yang sama Panglima Kodam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Sachono, S.H., M.Si., M.Tr.(Han)., berharap semoga kegiatan ini dapat berjalan sesuai harapan. “Reformasi internal TNI AD yang dijiwai oleh paradigma baru TNI AD sebagai suatu keputusan yang sangat penting, bukan saja bagi TNI AD tetapi juga bagi bangsa dan negara serta kepentingan nasional pada umumnya. Program Reformasi Birokrasi TNI AD pada hakekatnya adalah komitmen TNI AD untuk memposisikan dan mengoptimalkan peran dan fungsi serta tugasnya secara tepat dalam hubungan antar instansi guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, berwibawa dan bebas korupsi, kolusi maupun nepotisme,” jelas Pangdam.

Ia mengatakan perlu dilakukan suatu upaya penyempurnaan dalam pelaksanaan 9 Bidang Reformasi Birokrasi guna melengkapi informasi dan data pada komponen perubahan, yaitu pencapaian sasaran dalam rangka mengukur keberhasilan pelaksanaan Reformasi Birokrasi TNI AD.

Reformasi birokrasi terus dilaksanakan secara terencana dan terukur guna mewujudkan profesionalisme aparatur pemerintah dalam rangka meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan publik secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

Untuk mengukur sejauh mana pelaksanaan Reformasi Birokrasi di suatu unit kerja, perlu dilaksanakan kegiatan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB). PMPRB merupakan instrumen penilaian kemajuan pelaksanaan Reformasi Birokrasi yang dilakukan secara mandiri oleh Kementerian atau Lembaga termasuk di dalamnya TNI”.

“Melihat begitu pentingnya tujuan kegiatan Review Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi ini, maka saya berharap kepada seluruh peserta agar memanfaatkan forum kegiatan ini untuk berkonsultasi dengan Tim Mabesad terkait permasalahan yang terjadi di Kodam IX/Udayana. Laksanakan seluruh kegiatan ini dengan baik serta ikuti petunjuk-petunjuk dan arahan yang diberikan Tim. Kemudian, kepada para Ketua Bidang agar dapat membantu mengumpulkan data dan informasikan sepenuhnya yang diperlukan agar tugas Tim Mabesad dapat terlaksana dengan baik, lancar serta optimal,” ungkap Mayjen Sonny.

Turut hadir pada acara pembukaan Review Penilaian Mandiri Pelaksanaaan Reformasi Birokrasi Melalui Video Conference terdiri dari Kasi Ren Korem 161/Wira Sakti, para Kasi Kasrem 161 /Wira Sakti, Kabalak Aju Kodam IX/Udayana serta Balak Aju Korem 161/WS. (*/rnc)

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *