oleh

Kelompok Orang Muda Kota Kupang Gelar Aksi Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Kupang, RNC – Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila ke-54, orang muda Kota Kupang yang tergabung dalam Gerakan Beta Pancasila bersama sejumlah elemen masyarakat Kota Kupang menggelar aksi bersama pada Selasa (1/10/2019) di Taman Nostalgia.

Agenda kegiatan yang dilaksanakan di antaranya pembersihan sampah di area Taman Nostalgia, orasi kebangsaan, panggung teatrikal, musikalisasi puisi, dan pernyataan sikap Beta Pancasila serta diakhiri dengan doa kebangsaan.

Organisasi dan komunitas yang terlibat dalam aksi ini, yakni BEM Undana, PKC PMII, Komunitas Bela Indonesia NTT, Perhimpunan Mahasiswa Asal Sabu (Permasa), Komunitas Peace Maker Kupang (KOMPAK), Komunitas Talepo, Asosiasi Lopo Demokrasi, FOKMI FST UNDANA dan Youtubers Kota Kupang.

Komunitas Beta Pancasila ini pun membacakan pernyataan sikap bahwa segenap pimpinan organisasi kepemudaan tingkat provinsi, organisasi kemahasiswaan tingkat perguruan tinggi, pimpinan komunitas tingkat provinsi dan pimpinan organisasi kedaerahan NTT menyatakan memegang teguh dan setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta Pemerintahan yang sah secara konstitusional.

Beta Pancasila mengecam dan mengutuk keras segala bentuk gerakan pemecah bela persatuan dan kesatuan bangsa atas nama SARA, meminta TNI dan Polri menindak tegas para pelaku provokatif di Indonesia, menolak segala bentuk gerakan yang mencoba untuk merongrong Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI di Provinsi NTT dan Indonesia.

Kordinator Pelaksana Christo Kolimo mengatakan aksi kecil ini bersifat spontanitas untuk mengingatkan warga Kota Kupang dan masyarakat NTT bahwa kita masih Indonesia. Masih Pancasila. Jangan lupakan sejarah. “Sesibuk apapun kita minimal kita bisa mengambil waktu untuk merayakan hari besar bangsa Indonesia,” katanya. (rnc07)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *