oleh

KJF Dinas Pertanian Tinjau Area Persawahan yang Tersapu Banjir di Rote

Iklan Covid Walikota Kupang

Ba’a, RNC – Banjir di kali Lelilo, Kecamatan Pantai Baru, Kabupaten Rote Ndao, Sabtu (13/2/2021) menyapu bersih areal persawahan di Desa Fatelilo. Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Kabupaten Rote Ndao melalui Kelompok Jabatan Fungsional (KJF) Penyuluh Pertanian
meninjau lokasi terdampak pada Senin (15/2/2021) lalu.

Pantauan RakyatNTT.com, peninjauan lokasi sawah terdampak banjir dihadiri KJF Dinas Pertanian, Korwil Penyuluh Pertanian Pantai Baru, Toni Nggadas, S.ST, Demsi Amalo, S.P, Penyuluh Pertanian BPP Pantai Baru, Antonia Bengngu, S.ST, bersama Pj. Kades Fatelilo, Yoksan Medah, dan para Ketua dan Anggota Poktan didampingi
Personil TNI Koramil 1627/02, Babinsa Desa Fatelilo, Serda J. Alves. Terlihat beberapa anggota kelompok tani Hidup Baru yang baru melapor kerusakan sawah dan kebun mereka.

Iklan Dimonium Air

Plt. Camat Pantai Baru, Alexander E. Tulle, SE, Anggota Polsek Pantai Baru, Bripka Nasyun Maukaling dan Brigpol Charles Billy bersama Sekdes Fatelilo, Miranda Kapitan juga melakukan peninjauan jembatan yang ambruk dan masyarakat terdampak banjir.

KJF Korwil Penyuluh Pantai Baru, Toni Nggadas, S.ST, menjelaskan akibat hujan deras rata-rata sawah milik petani tersapu banjir dan tertimbun material tanah. Ada juga pematang sawah yang longsor serta pagar ratusan meter sepanjang bibir kali tersapu banjir.

BACA JUGA: Banjir di Rote Ndao, 54 KK Terisolir, 12 Hektar Sawah Rusak

Untuk itu, ia mengimbau pemerintah Desa Fatelilo membuat laporan tertulis kepada Bupati tembusan Dinas Pertanian dan Badan Penanggulangan Bencana, dan ditandatangani kepala desa dan mengetahui penyuluh desa.

Terkait data sawah dan kebun yang terdampak banjir, ia menyebut sesuai data yang dihimpun Penyuluh di BPP Pantai Baru, yang menjadi korban adalah 2 kelompok tani yakni Poktan Taisamu 10 orang dengan luasan 4,5 Ha, Poktan Berkat 11 orang dengan luasan 6,5 Ha, ada 2 orang yang tidak tergabung dalam Poktan dengan luasan 1,5 Ha.

Baca Juga:  42 Portir Pelabuhan Pantai Baru, Rote Ndao, Dapat Bingkisan Sembako dari AHY

Namun dalam peninjauan lokasi terdampak ada sebanyak 7 orang anggota Poktan Hidup Baru yang baru melaporkan sawah dan kebun ikut terdampak total luasan sekitar 1,75 Ha.

Plt. Camat Pantai Baru, Alexander E. Tulle, SE, meminta masyarakat Desa Fatelilo lewat Penjabat Kades Fatelilo untuk segera membuat laporan tertulis kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Rote Ndao tembusannya kepada Bupati Rote Ndao, Dinas Pertanian Kabupaten Rote Ndao dan Camat Pantai Baru agar bisa dilihat langsung oleh dinas-dinas terkait.

Sedangkan untuk jembatan yang rusak ia mengimbau untuk dibuat laporan tertulis kepada Dinas PU dan tembusannya kepada Bupati dan Camat Pantai Baru. (rnc12)

  • 316
    Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed