oleh

KNPI dan Karang Taruna Kota Kupang Siap Sukseskan Gerakan Kupang Hijau

Sabun Herbal Cyrus

Kupang, RNC – Program Gerakan Kupang Hijau (GKH) yang digagas Pemerintah Kota Kupang mendapat dukungan penuh dari Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI), dan Karang Taruna Tingkat Kota Kupang.

Diwawancarai usai Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Senin (11/11/2019), Ketua DPD KNPI Kota Kupang Ebed Jusuf mengatakan Gerakan Kupang Hijau merupakan tindakan yang sangat penting. KNPI mengapresiasi gagasan yang dibangun Pemkot melalui kepemimpinan Wali Kota Dr. Jefri Riwu Kore dan Wakil Wali Kota dr. Hermanus Man.

“Kami dari unsur pemuda dalam hal ini DPD KNPI Kota Kupang sangat mendukung serta memberikan apresiasi dengan support yang penuh untuk gerakan ini harus dilaksanakan secara maksimal melibatkan seluruh ASN yang ada dalam OPD Lingkup Pemkot dan kami berharap dinas teknis DLHK yang menangani lokasi-lokasi penghijauan agar diatur secara baik dan merata,” pungkasnya.

Terkait partisapasi masyarakat, ia setuju dengan konsep Wali Kota untuk mengharuskan setiap warga menanam pohon di halaman rumah dan menyiapkan lubang resapan (Biopori). “Kita pemuda juga akan mengambil bagian dan berkontribusi secara maksimal. Intinya memanfaatkan curah hujan yang ada,” ungkapnya.

Ia menambahkan, konsep dari gerakan ini dapat diimplementasikan oleh lurah untuk menggerakkan seluruh RT/RW dengan mengimbau masyarakat untuk menanam sebanyak mungkin sehingga dapat menghadirkan sumber mata air yang nantinya bermanfaat bagi tangkapan air yang dipergunakan ke depan.

Sama halnya dengan yang disampaikan oleh Ketua Karang Taruna Kota Kupang Stenly Boimau S.Pd bahwa lembaga kepemudaan ini telah berkomitmen untuk mendukung penuh setiap program Pemkot. “Sehingga terkait dengan program Kupang Hijau kami mendukung. Bukan hanya itu, kami siap menjadi mitra yang sejajar dengan pemkot dengan cara menggerakkan seluruh potensi di tingkat kota, kecamatan dan kelurahan agar aktif bersama dalam program ini,” ungkapnya.

Ia menambahkan gerakan tersebut adalah bagian dari memanfaatkan musim penghujan yang akan datang, serta bagian dalam mewujudkan kepedulian masyarakat dalam menjaga lingkungan dan dapat menjadikan Kota Kupang sebagai kota yang layak huni, sesuai dengan cita-cita Pemkot.

“Kami imbau seluruh komponen pengurus Karang Taruna di mana pun berada di Kota Kupang agar mari secara bersama kita bahu membahu mewujudkan visi besar Pemkot, yakni kota yang ramah lingkungan dan layak huni serta kalau bisa kita mewujudkan 30 persen ruang terbuka hijau, sehinnga kalau bisa pohon-pohon di area pinggiran jalan dan sungai jangan ditebang,” tandasnya. (rnc04)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed