oleh

Krisman Riwu Kore Hadiri Acara Adat Hole di Sabu Raijua

Seba, RNC – Pagelaran budaya Hole di Sabu Raijua cukup mengundang perhatian wisatawan, baik luar negeri mau pun lokal. Acara yang diselenggarakan sekali dalam setahun ini, dilaksakan di beberapa tempat di Kabupaten Sabu Raijua.

Pada Rabu (1/5/2024), acara Hole dilaksanakan oleh masyarakat adat Kecamatan Liae. Acara tersebut diselenggarakan berdasarkan arahan dari tua-tua adat yang ada di Liae.

Acara ini cukup mengundang banyak penonton, karena para tua adat melalukan uji ketangkasan ayam jago dan menunggang kuda sebagai tanda syukur atas hasil panen selama setahun terakhir.

Dalam acara itu, turut hadir Krisman Riwu Kore, bakal calon Bupati Sabu Raijua untuk menonton secara langsung acara adat yang sudah turun temurun dilaksanakan tersebut.

Pada media ini, Krisman mengatakan acara Hole merupakan warisan budaya atau adat masyarakat Sabu Raijua yang telah diwariskan oleh nenek moyang. Ia berharap agar acara adat atau budaya hole terus dilakukan di Sabu Raijua.

“Ini warisan nenek moyang kita yang perlu kita jaga dan lestarikan agar anak cucu kita tetap menghargai nilai-nilai budaya yang ada,” pungkasnya.

Di tengah 5.000-an penonton yang hadir, Krisman mengatakan acara Hole hanya ada di Sabu Raijua. “Acara semacam ini cuman ada di Sabu. Coba lihat daerah lain, kan tidak ada. Acara ini bisa menarik para wisatawan datang ke Sabu kalau Pemda mau kelola secara baik,” ujarnya.

Dalam acara Hole tersebut, Krisman menjadi rebutan masyarakat Sabu yang hadir baik untuk bersalaman dan bertegur sapa dan dengan harapan agar Krisman Riwu Kore harus kembali untuk membangun Sabu Raijua dari segala ketertinggalan yang ada. (rnc)

Baca Juga:  Dukung Paket KRISTO, Rukadi: Saya Harap Jangan Ada yang Dua Kaki

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *