oleh

Laboratorium Mobil PCR Mulai Beroperasi di Kupang, Ini Spesifikasinya

Iklan Covid Walikota Kupang

Kupang, RNC – Mobil Laboratorium Bergerak Surveilans (LBS) yang merupakan bantuan pemerintah pusat saat ini sudah mulai beroperasi di Kota Kupang. Dipastikan bisa membantu pemeriksaan sample swab PCR dengan hasil lebih cepat.

Pantauan RakyatNTT.com di pelataran Rumah Sakit Jiwa Naimata, Rabu (17/2/2021) siang, 1 unit kendaraan bermerek Predator berwarna merah dan putih mulai beroperasi sesaat setelah dilaunching.

Iklan Dimonium Air

Saat diwawancarai RakyatNTT.com, Kepala Balai Besar Teknis Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya, Dr. Rosidi Rosian SH,MPH,MH menyampaikan penempatan 1 unit mobil ini sebagai bentuk koordinasi antara pemerintah pusat, Pemprov NTT dan BBTKLPP Surabaya. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penumpukan sample swab PCR dari hasil tracing dan testing para kontak erat pasien positif covid-19.

LBS ini mampu memeriksa hingga 180 spesimen sample swab PCR dalam sehari dengan 1 kali running. “Kemampuan Lab ini adalah sekali runing bisa memeriksa 94 sample itu bisa dilakukan antara 5-8 jam,” ungkapnya.

BACA JUGA: Data Covid-19 NTT 16 Februari: 154 Pasien Sembuh, 74 Positif dan 3 Meninggal

Rosidi menambahkan, NTT adalah salah satu wilayah pelayanan BBTKLPP Surabaya. Sebelum mobil LBS tiba di Kupang, mobil tersebut telah menjalankan fungsinya di Surabaya. Namun atas koordinasi, maka LBS ini bisa dioperasikan di Kupang. Namun tetap dalam kendali BBTKLPP. “Karena di NTT meningkat dan samplenya menumpuk untuk pemakaian awalnya yah di Kupang,” katanya.

LBS tersebut juga bisa digunakan untuk mengambil semua sample di daratan Timor dan langsung dilakukan pemeriksaan. Namun karena ditempatkan di RSJ Naimata, maka BBTKLPP akan berkantor di Kupang.

Mobil LBS tersebut memiliki peran khusus dalam membantu penanggulangan penyakit menular. selain laboratorium PCR, spesifikasinya yakni memiliki Autoklave untuk mensterilisasi peralatan, dan Freezer, yakni alat pengubah uap air udara untuk menghasilkan air bersih.

Baca Juga:  Dinkes Kota Kupang Siap Realisasi Upah Pengusung Jenazah Covid-19

Untuk diketahui, BBTKLPP Surabaya memiliki wilayah pelayanan laboratorium dan surveilans di Provinsi Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Bali dan Nusa Tenggara Timur. (rnc04)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed