oleh

Linmas se-Kota Kupang Ikut Diklat

Iklan Demokrat

Kupang, RNC – Pemerintah Kota Kupang terus meningkatkan peran serta masyarakat dalam menjaga ketertiban dan keamanan di Kota Kupang diwujudkan melalui pembentukan Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satlinmas.

Untuk merespon hal tersebut, maka Pemerintah Kota Kupang melalui Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP menggelar Pendidikan dan Pelatihan bagi anggota Linmas se-Kota Kupang. Pembukaan kegiatan tersebut berlangsung pada hari ini, Jumat (26/7/2019) bertempat di aula rumah jabatan Wali Kota Kupang, yang dibuka oleh Wakil Walikota Kupang, dr. Hermanus Man. Kegiatan pendidikan dan pelatihan nya sendiri akan berlangung selama 6 hari terhitung mulai tanggal 26 Juli 2019 hingga 31 Juli 2019.

Iklan Dimonium Air

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Pimpinan Perangkat Daerah Lingkup Kota Kupang, para Lurah serta peserta pendidikan dan pelatihan yang merupakan anggota Linmas se-Kota Kupang berjumlah 51 orang yang berasal dari tiap-tiap kelurahan. Para instruktur antara lain berasal dari Kepolisian Resor Kupang Kota, Kodim 1604 Kupang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Kupang dan dari Satuan Polisi Pamong Praja Kota Kupang.

Jackson Jimmy A. Tunliu, SE., MM., selaku Kepala Bidang Linmas Satpol PP, dalam laporannya mengatakan Satlinmas adalah organisasi yang dibentuk oleh pemerintah di tingkat kelurahan dan beranggotakan masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat dan juga kegiatan sosial kemasyarakatan. “Anggota Satlinmas adalah warga Negara Republik Indonesia yang memenuhi persyaratan dan secara sukarela turut serta dalam kegiatan perlindungan masyarakat,” ujarnya.

Maksud dari kegiatan ini adalah agar terlaksananya kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi anggota Linmas se-Kota Kupang, dan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, pembentukan sikap dan perilaku anggota Satlinmas serta meningkatkan kemampuan anggota Satlinmas dalam melaksanakan tugas membantu penanggulangan bencana, keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat dan dalam penyelenggaraan pemilu dan pemilukada serta upaya pertahanan negara. Sedangkan sasaran yang ingin dicapai adalah untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas sumberdaya anggota linmas se-Kota Kupang.

Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man sebelum memulai sambutannya menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada panitia secara khusus kepada Satuan Polisi Pamong Praja Kota Kupang yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut. “Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan kontribusi positif bagi peningkatan keamanan dan ketertiban di Kota Kupang,” tuturnya. Ia menilai bahwa keamanan dan ketertiban masih menjadi masalah klasik yang memerlukan perhatian bersama baik dari pemerintah, maupun masyarakat, karena tingkat kenyamanan masyarakat untuk tinggal di suatu wilayah sangat ditentukan oleh beberapa faktor penting, diantaranya terjaminnya keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitar masyarakat tinggal.

Hermanus Man, dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Kota Kupang sampai saat ini terus berupaya agar ketertiban dan keamanan di wilayah Kota Kupang terus terjaga. Beberapa hal yang telah dilakukan antara lain melakukan koordinasi dengan instansi terkait seperti Kepolisian dan Kodim 1604 dalam penegakan perda dan pemberlakuan sanksi yang tegas kepada oknum-oknum yang melakukan pelanggaran guna menciptakan keamanan serta ketertiban di tengah-tengah masyarakat.

Selanjutnya Wakil Wali Kota menegaskan bahwa kegiatan ini juga merupakan upaya untuk mengoptimalisasi keberadaan Satlinmas di tengah-tengah masyarakat sehingga kedepannya diharapkan mampu melakukan pendekatan yang persuasif, edukatif dan partisipatif dalam masyarakat. “Saya berharap melalui kegiatan pelatihan ini, seluruh komponen satuan linmas dapat saling bertukar pikiran mengenai eksistensi kelembagaan, baik dalam menyikapi bentuk ancaman, gangguan, tantangan dan hambatan, maupun dalam menjamin keberhasilan capaian program kegiatan kinerja satuan linmas demi terwujudnya Kota Kupang yang layak huni, aman, tertib dan kondusif,” tutup Wakil Wali Kota yang akrab disapa Dokter Herman itu. (hms/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed