oleh

Mensos Tersangka Korupsi Bansos Covid-19, Ini Kata Presiden Jokowi

Jakarta, RNC – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara sebagai tersangka penerima suap. Dia diduga menerima suap terkait pengadaan bantuan sosial (bansos) berupa paket sembako untuk penanganan Covid-19 di wilayah Jabodetabek.

Terkait hal itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta untuk menciptakan sistem yang menutup celah terjadinya korupsi. Dia meminta agar menteri dan kepala daerah hati-hati dalam menggunakan APBD maupun APBN.

“Itu uang rakyat. Apalagi ini terkait dengan bansos, bantuan sosial dalam rangka penanganan covid dan pemulihan ekonomi nasional. Bansos itu sangat dibutuhkan oleh rakyat,” ujar dia, Minggu (6/12/2020) seperti dilansir dari Okezone.com.

Sebelumnya, Juliari diduga mendapat ‘jatah’ sebesar Rp17 miliar dari pengadaan paket bansos Covid-19 tersebut. Dia mendapat jatah Rp8,2 miliar dari pengadaan bantuan sosial (bansos) berupa paket sembako periode pertama. Kemudian, Juliari diduga mendapat jatah lagi sebesar Rp8,8 miliar pada pengadaan paket bansos Covid-19.

BACA JUGA: Mensos Juliari Batubara Diduga Terima Rp 17 Miliar

Sebelum jadi tersangka, Politikus PDI Perjuangan tersebut terakhir kali melaporkan harta kekayaannya ke KPK pada tahun ini, untuk periodik 2019. Terakhir kali melapor, harta kekayaan Juliari Batubara mencapai Rp47 miliar. Uang miliaran rupiah itu terungkap dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Sebelumnya, nama Luhut Binsar Panjaitan ramai dibicarakan masyarakat di media sosial. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ini disebut bakal jadi menteri sementara di Kementerian Sosial.

Di mana Menteri Sosial Juliari Batubara resmi ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Siap siap pak Luhut akan menggantikan, yg lg di tangkap KPK,” tulis akun @DDwi215 seperti yang dikutip, Minggu (6/12/2020).

“Tolong jangan tambah lagi beban kerja pak Luhut dengan merangkap sebagai Mensos. Kasihan beliau,” sambung akun @soloberlawan_.

(*/okz/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed