oleh

NTT dan 27 Provinsi Tingkat Kepatuhan Memakai Masker di Bawah 85%

Iklan Covid Walikota Kupang

Jakarta, RNC – Satuan tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengungkapkan dari 34 provinsi, terdapat 28 provinsi dengan rata-rata angka kepatuhan memakai masker di bawah 85%.

“Dari 34 provinsi terdapat 28 provinsi yang angka kepatuhannya kurang dari 85% untuk menggunakan masker,” ujar Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan Covid-19, dr. Dewi Nur Aisyah dalam Rapat Koordinasi PPKM Mikro secara daring, Minggu (14/3/2021) seperti dilansir dari Okezone.com.

Iklan Dimonium Air

BACA JUGA: Data Covid-19 NTT 14 Februari: 223 Pasien Sembuh, 17 Orang Positif

Hanya ada enam provinsi dengan rata-rata angka kepatuhan memakai masker di atas 85% yakni Bali, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara dan Sulawesi Utara.

Sedangkan untuk kepatuhan menjaga jarak, sebanyak 29 provinsi dengan rata-rata kepatuhannya kurang dari 85%. Sebanyak 5 provinsi dengan rata-rata angka kepatuhan menjaga jarak di atas 85% antara lain Bali, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara.

“Untuk jaga jarak ada 29 provinsi yang rata-rata kepatuhannya kurang dari 85%, ini harus kita kejar, kita coba pakai border linenya 85% dengan harapan 85% ini mampu menjaga kepatuhan yang ada di wilayah tersebut,” ujar Dewi.

Tidak hanya itu, jika ditelusuri, terdapat 80 dari 441 Kabupaten/Kota yang masih memiliki tingkat kepatuhan memakai masker di bawah 60%. Lalu untuk tingkat kepatuhan 91-100% ada 120 Kabupaten/Kota dan 142 Kabupaten/Kota dengan tingkat kepatuhan 76-90%.

“Terkait dengan monitoring kepatuhan protokol kesehatan dari penggunaan masker, ada 80 Kabupaten Kota dengan angka kepatuhan kurang dari 60%, ada 99 Kabupaten/Kota yang kepatuhan menggunakan maskernya di angka 61-75%,” ungkap Dewi.

Sedangkan untuk kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan, ada 68 Kabupaten/Kota yang tingkat kepatuhannya di bawah 60%. Lalu ada 103 Kabupaten/Kota tingkat kepatuhannya 61-75%. Selanjutnya 162 Kabupaten/Kota dengan tingkat kepatuhan 76-90%. Dan ada 108 Kabupaten/Kota dengan tingkat kepatuhan 91/100%.

BACA JUGA: Dua Minggu Positif Covid-19, Begini Kondisi Wali Kota Jeriko

“Mungkin ini yang perlu diingatkan pada pekan ini kita melihat ada kecenderungan penambahan ketidakpatuhan. Nah ini juga perlu kita evaluasi di lapangan jangan sampai mulai longgar penerapan kedisiplinan protokol kesehatannya,” ujarnya.

Padahal, kata Dewi, tingkat kepatuhan agak membaik pada pekan lalu. Namun pekan ini sudah mulai terjadi penambahan jumlah kabupaten/kota dengan angka kepatuhan yang kurang.

“Nah ini juga mesti diingatkan lagi jangan sampai kita kendor ketika PPKM tahap 2 yang masih berlanjut ini tidak boleh kepatuhan ini turun,” katanya.

Selain itu, Dewi juga mengungkapkan adanya laporan tempat makan dan wisata yang tak taat terhadap pembatasan jumlah pengunjung. Dewi menegaskan agar para pelaku usaha untuk tetap menegakkan protokol kesehatan.

(*/okz/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed