oleh

NTT Kembali Zona Hijau, Pesawat Beroperasi Lagi Mulai Besok

Sabun Herbal Cyrus

Kupang, RNC – Setelah pasien positif corona 01 NTT dinyatakan sembuh, Provinsi NTT kembali menjadi zona hijau. Pemerintah Provinsi NTT pun kembali membuka jalur transportasi udara mulai Sabtu (25/04/2020) besok. Namun hanya berlaku untuk penerbangan dalam wilayah NTT.

Kepala Dinas Perhubungan NTT, Isyak Nuka telah menerbitkan surat Nomor: Dishub.550/900.913/259/IV/2020 perihal penegasan operasional sarana transportasi dalam wilayah Provinsi NTT. Dalam surat tersebut disebutkan operasional penerbangan antarkabupaten/kota dalam wilayah Provinsi tetap beroperasi seperti biasa dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan kebijakan physical distancing yang diberlakukan terhadap penumpang pesawat sesuai ketentuan perundangan yang berlaku.

Dalam poin 2, tetap melarang penerbangan dari dan ke luar. Namun poin ini dikecualikan untuk pesawat yang mengangkut pimpinan lembaga tinggi negara dan tamu kenegaraan, operasional kedutaan besar, konsulat jenderal, dan konsulat asing serta perwakilan organisasi internasional. Selain itu, dikecualikan juga untuk operasional penegakan hukum, ketertiban dan pelayanan darurat. Termasuk di dalamnya pesawat yang mengangkut kebutuhan medis, kesehatan dan sanitasi serta pangan.

Selain itu, kapal laut dan kapal penyeberangan tetap berpedoman pada surat Kepala Dinas Perhubungan Nomor: Dishub.550/552.3/250/250/IV/2020 tanggal 23 April perihal instruksi. Dalam surat tersebut pemerintah melarang pengangkutan penumpang. Yang diizinkan hanya pengangkutan barang.

Selanjutnya, operasional sarana angkutan jalan, baik umum maupun pribadi dalam wilayah Provinsi NTT tetap berjalan seperti biasa dengan tetap berpedoman pada kebijakan social and physical distancing serta protokol kesehatan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. (rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 komentar

  1. Kalau memang pesawat beroperasi lagi apasalahnya feri juga mengangkut penumpang, sama saja dalam perarian NTT, bagaimana Masyarakat kecil atau mahasiswa yang mau mudik tapi tidak cukup biayanya, mereka bisa mengambil alternatif muda yaitu dgn kapal feri. Ini juga perlu dipertimbangkan.

    1. Kok aneh sekali kebijakan dari kepala dinas perhubungan NTT,ada lagi pengecualian yg boleh masuk NTT (pimpipinan lembaga tertinggi negara/tamu kedutaan negara,operasional kedutaan besar,konsulat jendral,konsulat asing serta Perwakilan Organisasi internasional) sekarang pertanyaannya kenapa kami yang lain ini tidak bisa masuk,dan kami selalu mengikuti arahan dari pratokol kesehatan,mungkin ini yang harus diperhatikan oleh seluruh lapisan masyarakat tentang kebijakan dari dinas perhubungan NTT ini,kalau memang tutup bandara sama pelabuhan itu harus betul betul dilaksanakan terkecuali pengangkutan logistik itu kita paham.tolong kebijakan itu harus merata.

  2. Ini aturan kok rancu dgn aturan pusat??? Apakah ini informasi bisa terpercaya dan tidak malah menjadi ambigubuntuk masyarakat?? Jangan hanya menulis berita untuk di baca tanpa memperhatikan dampak. Sy rasa instruksi dari pusat jelas dan di patuhin untuk semua. Kalau ini benar adanya memang sangat membantu tapi jikalau Tdk benar, malah jadi dampak negatif dimana pasti akan ada tumpukan penumpang di bandara yang berbondong-bondong melihat peluang untuk pulang dan itu akan mengakibatkan kurangnya kewaspadaan terhadap Covid 19 dengan cara sosial distancing. Salam

  3. Bpk Wali kota kupang yang baik, tolong adakan bak sampah,truk penganggkut sampat utk wlyh kel.sikumana dn sekitarnya. tolong tertikan org yg busng sampah di sepanjang jalur 40, sungguh prihatin dgn prilaku manusia buang samph sbarangan.semoga

  4. Kalau memang pesawat di NTT masi beroperasi apa salahnya kalau NTT bisa menerima mahasiswa yang berada di jawa karna tergantung dengan ekonomi keluarga dan juga lockdown maka mahasiswa kesusahan dalam mendapatkan kiriman serta bahan makanan yang ada .terima kasih semoga di tindaklanjuti

  5. Pak kalau memang pesawat sudah beroperasi ,,pak tolong berikan ijin untuk kapal laut juga beroperasi membawa penumpang…pak kasihan kami warga Maluku barat daya kami mau kembali ke kampung halaman kami…kalau kami tidak pulang ke kampung halaman kami dengan keterbatasan uang yg kami miliki apakah bapak tidak prihatin terhadap kami…kami mohon ,bapak bisa memberikan izin agar kami bisa pulang kembali ke kampung halaman kami.

  6. Apakah masih bisa penerbangan dari medan ke Kupang, ini darurat, ada adik saya meninggal dan mau di bawa pulang, bisa minta tolong. 🙏🙏🙏🙏

  7. Belum ada tanda tanda pesawat terbang antar daerah, mungkin pesawatnya lagi parkir di zona merah, mungkin pilotnya juga ada di zoba merah…

News Feed