oleh

Pemkot Evaluasi Penerimaan CPNS, Dewan Minta Prioritaskan Pelamar Asli Kota Kupang

Sabun Herbal Cyrus

Kupang, RNC – Untuk mengakomodir putra-putri asli Kota Kupang menjadi pegawai negeri sipil (PNS), maka Pemerintah Kota Kupang mengevaluasi penerimaan CPNS tahun 2019. Pemkot akan memprioritaskan pelamar yang merupakan anak-anak asli Kota Kupang.
Saat diwawancarai RakyatNTT, Senin (18/11/2019), Wali Kota Dr. Jefri Riwu Kore menyampaikan evaluasi yang akan dilakukan bersama BKPPD bertujuan agar dapat mengetahui dan mencari solusi atas masalah penerimaan CPNS, yakni masih banyak pelamar berasal dari luar kota.

“Kita akan evaluasi. Kita lihat aturannya seperti apa dan kita akan lihat dampaknya sudah tentunya sebagai pemimpin daerah, kita memprioritaskan CPNS untuk adik-adik kita atau anak-anak kita di Kota Kupang. Jadi mohon bersabar, kita akan cek semua permasalahannya,” pungkasnya.

Terpisah, Ketua Komisi I DPRD Kota Kupang Yuvensius Tukung mengatakan ia tidak setuju jika daerah lain menutup ruang bagi pelamar dari Kota Kupang. Pasalnya, saat ini Kota Kupang sangat terbuka untuk siapapun. “Misalkan kota terbuka lalu daerah lain tidak terbuka, yah ndak bisa. Loh, kami boleh buka ruang untuk masyarakat di luar, lalu daerah yang lain menutup pintu bagi masyarakat Kota Kupang, tidak adil juga itu,” katanya.

Yuven menambahkan, terkait penerimaan CPNS sudah sangat jelas tercantum dalam Permen-PAN, sehingga harus ada pemberlakuan yang sama. Namun apabila daerah lain diperbolehkan untuk menutup ruang, maka sebaiknya Kota Kupang juga lebih memprioritaskan pelamar asli yang ada di Kota Kasih ini. “Dalam artian gini, dalam asumsi kita bahwa memang hak setiap warga Negara. Orang SoE boleh tes di Kupang. Orang Jawa boleh tes di NTT. Kan gitu sistem yang sangat terbuka. Oleh karena itu Kota Kupang juga boleh tes di daerah lain,” jelas Yuvens. (rnc02)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed