oleh

Pemkot Mau Beri Keringanan saat Beli Rumah

Kupang, RNC – Pemerintah Kota Kupang sedang mengkaji regulasi untuk meringankan masyarakat yang hendak membeli rumah. Tak hanya untuk warga biasa, pembelian rumah oleh ASN pun perlu dipermudah.

Hal ini disampaikan Wali Kota Kupang Dr. Jefri Riwu Kore saat menjadi narasumber dalam coffee morning bertajuk “Duduk Baomong Smart City” di pelataran Bank NTT, Jumat (2/8/2019).

Menurut Jefri, beberapa gagasan yang sedang dikaji antara lain pemotongan dana kesra ASN, penggunaan aset tanah Pemkot khusus untuk ASN dan DP nol persen untuk masyarakat umum yang belum memiliki tempat tinggal. Termasuk menghapus BPHTB.

Ia menyampaikan sebagai kepala daerah ia mempunyai tanggung jawab besar untuk mensejahterakan masyarakat. Oleh karena itu, harus memikirkan warganya yang belum memiliki rumah. “Kita (Pemkot Kupang) tidak bisa menutup mata. Kita mempunyai tanggung jawab besar. Saya ingin masyarakat di kota ini harus sejahtera,” katanya.

Jefri menambahkan, DP 0% bagi masyarakat merupakan sebuah cita-cita sejak menduduki kursi wali kota. “Tapi masih kita kaji,” ujarnya.

Menurutnya, salah satu solusi adalah menggunakan pemotongan dana kesra setiap ASN dan penggunaan aset tanah Pemkot Kupang untuk pembangunan perumahan. Selain itu, dilakukan pemotongan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

“Caranya bagaimana, ya kita berlakukan di ASN. Kan mereka ada kersa. Jadi mereka punya kesra itu kita langsung kasi ke developer, sementara BPHTB itu sudah dipotong. Untuk masyarakat, kami sementara berpikir keras untuk bertanya kepada BPK, Kejaksaan, apakah boleh kita membantu masyarakat dengan tanah yang luas di sana kita membantu masyarakat yang belum punya rumah dengan cara DP-nya nol persen,” kata Jefri.

Menurutnya, jika ini terealisasi, maka banyak warga yang terbantu. Dan ini merupakan kado bagi masyarakat Kota Kupang yang belum memiliki tempat tinggal. “Tapi kita belum bisa launching program tersebut karena masih dikaji apakah benar dan tidak melanggar aturan,” pungkasnya. (rnc04)

Baca Juga:  Berebut Tiket Hanura, Alex-Isyak Bisa Jadi Ancaman bagi Jonas-Alo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *