oleh

Pengurus SMSI, LBH SMSI dan MCM Provinsi Kalsel Resmi Dilantik

Banjarmasin, RNC – Jajaran kepengurusan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Periode 2020- 2025 resmi dilantik bersamaan dengan pelantikan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) SMSI dan kepengurusan Millennials Cyber Media (MCM) Kalsel di Aula Kayuh Baimbai, Kantor Walikota Banjarmasin, Sabtu (3/9/2022).

Prosesi pelantikan sekaligus pengucapan sumpah dipimpin oleh Ketua Bidang Hukum SMSI Pusat Makali Kumar, SH yang hadir mewakili Ketua Umum SMSI, Firdaus.

banner BI FAST

Suasana prosesi pelantikan yang dimulai pukul 10.00 tersebut, berlangsung khidmat. Peserta dan tamu undangan yang hadir cukup banyak dan mewakili berbagai unsur. Baik dari perwakilan organisasi pers, seperti PWI Kalsel, LSM/Ormas di Kalsel, mahasiswa dan generasi muda yang mewakili kalangan milenial di Kalsel, maupun utusan dari mitra kerja, salah satunya dari Kejaksaan Tinggi Kalsel.

Para peserta dan tamu undangan yang memadati Aula Kantor Walikota itu, begitu antusias mengikuti prosesi pelantikan dan seminar yang diselenggarakan setelah pelantikan.

Kepengurusan SMSI Kalsel diketuai oleh H. Anang Fadhilah, sedangkan Ketua LBH SMSI diketuai Drs. Siswansyah SH., MH, dan Ketua MCM dipimpin Adam. Para ketua yang dilantik juga menerima bendera pataka organisasi dari Makali Kumar.

Prosesi pelantikan disaksikan oleh Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Kalsel, Subhan Nor Yaumil yang mewakili Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Walikota Banjarmasin H. Ibnu Sina, perwakilan Danrem 101 Antasari, Polda Kalsel, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan para mahasiswa serta perwakilan organisasi pers lainnya.

Usai pelantikan, kegiatan dilanjutkan pemberian Award SMSI Kalsel kepada tiga tokoh publik yakni Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dan Danrem Antasari Brigjen Rudi Puruwito. Pemberian Award disampaikan oleh Sekjen SMSI Pusat HM Nasir kepada tiga penerima atau yang mewakili.

Baca Juga:  Terkait Sengketa Pemberitaan, Polisi Harus Koordinasi dengan Dewan Pers

Sementara Makali Kumar dalam sambutan menyampaikan agar pengurus SMSI Kalsel dapat menjaga martabat organisasi sekaligus menjalankan roda kepengurusan sesuai AD ART yang telah ditetapkan. “Semoga kepengurusan dapat berjalan dengan baik dan sesuai amanah,” kata Makali.

Ia pun memberikan apresiasi kepada  Pemko Banjarmasin khususnya Walikota Banjarmasin yang dapat memfasilitasi pelantikan di  Aula Kayuh Baimbai.

“Ini pertama kalinya di Kalsel, pelantikan pengurus SMSI dilaksanakan di gedung kantor pemerintah daerah. Karena itu kami mengampaikan terima kasih kepada Walikota Banjarmasin Ibnu Sina,” kata Makali.

Ia pun mengajak pemerintah daerah di Kalsel dapat bermitra sekaligus bersinergi  dengan organisasi SMSI dalam pembangunan ke depan. “Karena pers adalah salah satu pilar demokrasi dan pembangunan,” kata Makali Kumar.

Selain itu SMSI adalah sebuah serikat media terbesar dunia karena jumlah anggota perusahaan media pers siber yang dinaungi mencapai 2000-an, dan telah mendapatkan penghargaan dari MURI sebagai organisasi perusahaan Siber terbesar di dunia pada Maret 2022. Penghargaan SMSI dari MURI juga sudah diperoleh sebelumnya, sebagai organisasi perusahaan siber media yang tercepat dalam mempublikasikan opini, pada tahun 2020.

“Mari kita besarkan SMSI, LBH SMSI dan MCM di Provinsi Kalsel ini. Salah satunya dengan meningkatkan kemitraan bersama semua pihak, terutama pemerintah daerah untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” tegas Makali yang disambut tepuk tangan peserta yang hadir.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor melalui Asisten Administrasi Umum Subhan Nor Yaumil menyambut baik kehadiran organisasi SMSI Kalsel ini. Ia berharap keberadaan organisasi tersebut dapat mendukung kemajuan dunia pers di Kalsel khususnya di media siber.

“Terlebih lagi saat ini internet tak hanya digunakan di kantor, sekolah atau tempat publik, tapi juga di rumah-rumah,” kata Gubernur Kalsel.

Baca Juga:  Terkait Sengketa Pemberitaan, Polisi Harus Koordinasi dengan Dewan Pers

Sementara itu, Walikota Banjarmasin H. Ibnu Sina MSi dalam kesempatan itu, menyampaikan paparan tentang sikap Pemkot dalam menjalin kemitraan dengan SMSI dan program strategis Pemkot menyikapi digitalisasi dewasa ini.

“Kami berterima kasih kepada SMSI, terutama untuk SMSI pusat yang ketua umumnya pak Firdaus, atas kemitraan yang terjalin selama ini. Kedepan, kami dari Pemkot Banjarmasin, ingin lebih ditingkatkan lagi kemitraan, untuk meraih kesuksesan bersama. Terutama mencerdaskan masyarakat di era digitalisasi dewasa ini,” harap Walikota Ibnu Sina yang ikut menjadi pembina di SMSI Kalsel.

Usai pelantikan, dilanjutkan dengan seminar tentang perkembangan digitalisasi di Indonesian. Salah satu nara sumber yang dihadirkan adalah Sekjen SMSI Pusat, yang juga mantan Sekretaris redaksi Harian Kompas, M. Nasir. (*/rnc)

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed