oleh

Percasi TTU Gelar Open Turnamen Catur Piala Bupati

Kefamenanu, RNC – Pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), menggelar Open Turnamen Catur Piala Bupati TTU 2022. Turnamen itu diawasi 12 panitia dan dua wasit Percasi Provinsi NTT. Kegiatan yang digelar di Aula Dharma Wanita Kefamenanu, Jumat (29/7/2022) itu, diikuti 46 peserta. Terdiri dari 38 peserta dewasa, dan delapan peserta usia sekolah.

Asisten Tata Praja Setda TTU, Drs. Yosep Kuabib, dalam sambutannya mengharapkan olahraga catur ini terus diselenggarakan setiap tahunnya. Karena merupakan salah satu olahraga yang sangat bermanfaat untuk melatih otak, menjaga keseimbangan tubuh, meningkatkan daya ingat dan meningkatkan kreativitas.

“Sebagian orang berpandangan kalau catur bukanlah olahraga, karena pola permainannya tidak melakukan gerakan fisik atau hanya duduk. Bahkan muncul pendapat kalau catur yang memakan waktu lama, menyebabkan berbagai masalah. Baik itu masalah kesehatan, maupun masalah sosialnya lainnya,” kata Yoseph.

Menurutnya, permainan catur jika dilakukan secara benar, akan mendatangkan banyak manfaat. Yaitu melatih otak meningkatkan daya ingat, meningkatkan kreativitas dan menjaga keseimbangan tubuh. “Bahkan sejak dahulu kala, catur menjadi permainan favorit para panglima militer,” sebutnya.

Yoseph menambahkan, jika turnamen catur dilaksanakan terus menerus, akan memunculkan atlit – atlit berprestasi dari Kabupaten TTU. “Tentunya perlu kerjasama yang baik dari pemerintah, pihak swasta maupun masyarakat sendiri. Semoga turnamen ini dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mengasah kemampuan para peserta,” pungkasnya. (rnc17)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *