oleh

Petugas Dinas LHK Serbu Sampah di Kali Naikoten I

Iklan Demokrat

Kupang, RNC – Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Kota Kupang, Adi Pally bersama para stafnya, Kamis (25/7/2019) mengeroyok sampah di kali Naikoten I, tepatnya di belakang Pasar Kasih.
Di sepanjang kali ini tampak sampah plastik menumpuk. Sudah bertahun-tahun sampah ini tidak pernah diangkut. Biasanya, sampah-sampah ini akan bermuara di laut saat musim hujan. Tidak sedikit yang bertebaran di jalanan karena tersapu banjir yang meluap ke jalan.
Adi Pally mengatakan saatnya sampah-sampah ini diberantas. Kali ini harus 100 persen bersih dari sampah, sehingga tidak terbawa banjir ke pantai. “Dinas LHK peduli pariwisata, sehingga kita bersihkan sampah dari hulunya. Percuma bersihkan pantai kalau di kali masih ada sampah,” ujarnya.
Adi juga menjelaskan selama ini jalan-jalan penuh dengan sampah karena dibawa oleh banjir dari kali di Pasar Kasih. Oleh karena itu, jika hanya membersihkan sampah di jalan, maka tidak menyelesaikan persoalan. “Jadi kita mulai keruk kali ini sampai bersih. Kita tangani sebelum musim hujan. Supaya pas hujan air yang mengalir, bukan sampah,” ujar Adi.
Menurutnya, kalau tidak ditangani sekarang, maka sampah-sampah ini akan bermuara di pantai. Akhirnya kalaupun pantai dibersihkan, itu tidak bertahan lama. “Harus dari hulunya. Dan ini warning bagi masyarakat, setelah kita bersihkan tidak boleh lagi buang sampah ke kali,” katanya.
Menurutnya, selain sampah-sampah plastik dan limbah kotoran babi maupun ayam, di kali belakang Pasar Kasih juga banyak ditemukan sampah berupa kayu dan dedaunan. Warga sekitar setelah menebang pohon, dibuang ke kali. Akibatnya kali menjadi tersumbat dan air tidak bisa mengalir. (rnc01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed