oleh

Presiden Jokowi akan Lantik Andi Widjajanto jadi Gubernur Lemhannas

Jakarta, RNC – Penasihat senior Kantor Staf Kepresidenan Andi Widjajanto akan dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Gubernur Lemhannas. Pelantikan itu akan digelar besok.

“Sudah dapat undangannya untuk pelantikan Gubernur Lemhannas yang baru besok di Istana,” ujar Plt Gubernur Lemhanas, Marsekal Madya Wieko Syofyan, kepada wartawan, Minggu (20/2/2022) dilansir dari detikcom.

Andi merupakan alumnus FISIP UI. Dia dikenal sebagai pengamat pertahanan.

Dia pernah mengenyam pendidikan master di Industrial College of Armed Forces, Washington DC, Amerika Serikat. Dia juga beberapa kali diajak untuk menjadi anggota Task Force Pusat Studi Pemerintah Daerah (LOGOS) serta Task Force for Defense White Paper SESKO TNI AD.

Andi pernah menjadi salah satu anggota Timses Jokowi dalam Pemilu 2014. Tim itu ditunjuk langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan disetujui oleh Jokowi. Masukan-masukan Andi berhasil menyukseskan Jokowi hingga terpilih menjadi presiden.

Putra dari politikus senior PDIP Theo Syafei itu kemudian menduduki posisi strategis yakni Deputi Kepala Staf Kantor Transisi yang mengurusi isu pertahanan, keamanan dan struktur kabinet Jokowi-JK.

Pada Oktober 2014, Jokowi kemudian menunjuk Andi Widjajanto sebagai sekretaris kabinet. Posisi itu didudukinya hanya satu tahun.

Tahun 2015, Andi diganti. Dia ikut kena reshuffle bersama 5 menteri lainnya yakni Tedjo Edhy dari posisi Menko Polhukam, Sofyan Djalil dari posisi Menko Perekonomian, Andrinof Chaniago dari posisi Kepala Bappenas, Rachmat Gobel dari posisi Menteri Perdagangan, dan Indroyono Soesilo dari posisi Menko Maritim.

Pada tahun 2020 Andi Widjadjanto menjabat penasihat senior Kantor Staf Presiden (KSP). Andi diangkat sebagai penasihat senior per 4 Februari 2020. Jabatan itu diembannya hingga saat ini.

(*/dtc/rnc)

Baca Juga:  PAN Jadikan Presiden Jokowi sebagai Patron Pemimpin Daerah

 

Download Apps RakyatNTT.com sekarang di https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *