oleh

Ritual Adat Wuat Wa’i Warnai Penyerahan SK 3 Partai untuk Edi-Weng di Mabar

Sabun Herbal Cyrus

Mabar, RNC – Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Manggari Barat (Mabar), Edistasius Endi dan dr. Yulianus Weng (Edi-Weng) resmi mengantongi surat keputusan (SK) dari tiga partai. Yakni, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Dengan total 7 kursi di DPRD (NasDem 5 kursi, PKPI 1 kursi dan PBB 1 kursi), koalisi tiga parpol ini sudah bisa mengusung Paket Edi-Weng di Pilkada Mabar. Sebab jumlah minimal threshold untuk Pilkada Mabar sebagaimana ditetapkan oleh KPU setempat yakni 6 kursi.

Yang menarik, penyerahan SK tiga partai ini kepada Paket Edi-Weng dipadu dengan ritual adat Wuat Wa’i yang berlangsung di Lapangan Nanga Na’e, Desa Gorontalo, Kecamatan Komodo, Mabar, Sabtu (8/8/2020). Nanga Nae adalah kampung dari Yulianus Weng.

Bakal calon Wakil Bupati, Yulianus Weng pada kesempatan itu menegaskan, Pilkada merupakan momentum untuk memilih pemimpin sekaligus meletakan harapan ke pundak pemimpin agar dapat menuntaskan segala permasalahan masyarakat, serta dapat membawa perubahan.

Pilkada, lanjut Weng, juga merupakan kesempatan untuk membangun harapan serta merubah kondisi masyarakat menjadi lebih baik dari kondisi saat ini. Oleh karena itu, dia berharap masyarakat Manggarai Barat jangan salah memilih pemimpin. “Mari pilih pemimpin yang membawa harapan bagi kita, pilih dan menangkan pemimpin yang punya hati dan memimpin dengan hati,” ajak Weng disambut riuh tepuk tangan seribu lebih massa hadirin yang memadati lapangan Nanga Na’e.

Weng mengaku, dari hasil kunjungan dan tatap muka dengan masyarakat di kampung-kampung dan desa/kelurahan, dia bersama Edi Endi menemui banyak masalah di bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan ekonomi. Masalah-masalah ini, menurut dia, perlu mendapat perhatian serius oleh pemerintah dalam kerangka otonomi daerah dalam koordinasi dengan provinsi dan pusat.

“Ratusan kampung sudah kami datangi, ribuan keluarga sudah kami temui. Dalam setiap perjalanan, ada banyak cerita miris yang kami rekam secara baik dan semakin meneguhkan hati kami untuk bergerak maju. Melalui doa, dukungan dan restu semua semoga kita dapat menuntaskannya,” tutur Weng.

Sebagai seorang dokter yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai, Weng berjanji untuk memberikan perhatian pada dua hal di bidang kesehatan, jika Paket Edi-Weng dipercayakan keluarga besar dan masyarakat untuk memimpin Kabupaten Mabar. Upaya prioritas di bidang kesehatan dimaksud yakni bebas malaria dan DBD, serta menekan angka kematian ibu hamil dan anak. “Saya masih enam tahun baru pensiun. Namun dengan mantap dan percaya diri saya melepaskan jabatan ASN untuk mengabdi bagi keluarga dan masyarakat Manggarai Barat,” tegas dr. Weng.

Pada kesempatan yang sama, bakal calon bupati Edi Endi dalam orasi politiknya, menegaskan, pariwisata super premium Labuan Bajo harus memberikan dampak positif bagi penduduk Mabar, yang kebanyakan (78 persen lebih) berprofesi sebagai petani dan nelayan. “Sesuai data PDRB Mabar, kontribusi terbesar masih di sektor jasa. Namun, kemajuan pariwisata tidak mampu mendongkrak sektor pertanian dan nelayan yang digeluti mayoritas masyarakat Mabar,” jelas Edi Endi.

Edi mengatakan, jika rakyat memilih dan Tuhan berkenan, maka Paket Edi-Weng akan berupaya maksimal untuk memajukan sektor pendidikan dan kesehatan, serta mendorong perbaikan kualitas SDM untuk mendukung pariwisata super premium. Sehingga masyarakat Mabar bisa menjadi tuan di tanah sendiri dalam menyambut dunia di sektor pariwisata. Sementara, sektor pertanian dan perikanan harus menjadi penyedia utama bahan pangan bagi pariwisata super premium Labuan Bajo.

Sementara itu, Ketua DPW Partai NasDem Provinsi NTT Raymundus Sau Fernandes dalam sambutannya, mengaku terkesan dengan dukungan yang luar biasa dari keluarga untuk Paket Edi-Weng. Keluarga besar Partai NasDem, kata Ray, sangat optimis pasangan Edi-Weng bisa menang dalam Pilkada 9 Desember mendatang. “Dari tempat kelahiran bakal calon wakil bupati, kita melihat dukungan keluarga yang sangat luar biasa untuk paket ini. Jadi saya yakin, paket yang didukung Partai NasDem bisa meraih kemenangan,” ungkap Bupati TTU dua periode itu. (*/rnc09)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed