oleh

Rumah Pribadi Anggota Dewan jadi Tempat Bagi-bagi Sembako oleh Dinas Sosial Kota Kupang

Kupang, RNC – Bantuan dari Dinas Sosial Kota Kupang mulai disalurkan kepada masyarakat. Bantuan berupa sembako tersebut merupakan program Bantuan Sosial Kesejahteraan Keluarga. Menariknya, bantuan itu disalurkan di rumah pribadi anggota dewan. Satu paket bantuan berupa beras 10 kg, minyak goreng 2 liter, dan gula 1 kg.

Bantuan ini mulai disalurkan pada Rabu (4/10/2023). Para petugas dari Dinas Sosial membawa bantuan itu ke rumah pribadi anggota dewan Adrianus Talli di Kelurahan Pasir Panjang untuk disalurkan kepada warga. Adrianus merupakan Ketua Fraksi PDIP. Kemudian petugas juga membagikan bantuan di rumah pribadi milik anggota Fraksi PDIP, Jhon G.F. Seran di Kelurahan Penfui.

Dikonfirmasi RakyatNTT.com, Jhon G.F. Seran menjelaskan ia hanya menyiapkan lokasi, yakni rumah pribadinya untuk dijadikan titik kumpul para penerima bansos dari Kelurahan Penfui dan Naimata. Yang melakukan penyaluran bantuan adalah petugas dari Dinas Sosial.

Menurutnya, tujuan ia menyediakan halaman rumahnya sebagai tempat penyaluran untuk mempermudah jangkauan warga penerima bantuan. Warga tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi ke Kantor Camat di Kelurahan Maulafa. “Mempermudah supaya masyarakat jangan rasa jauh. Dia cukup jalan kaki datang dan juga paket itu aman tersalurkan,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, Lodowick Djungu Lape mengakui pembagian bantuan dilakukan di rumah pribadi kedua anggota dewan tersebut. Menurutnya, tujuannya hanya untuk mendekatkan pelayanan kepada warga. “Kita (Pemkot) tidak campur urusan politik, tinggal masyarakat menilai,” ucapnya.

Ia menjelaskan, program bantuan itu bisa disalurkan di rumah pribadi para anggota dewan, karena dalam rapat bersama Komisi IV, mereka mengeritik penyaluran bansos yang tidak melibatkan anggota dewan. Padahal bantuan sosial kesejahteraan keluarga lahir dari pokok pikiran DPRD.

Baca Juga:  Pertahankan Keindahan Wajah Kota, Pemkot Kupang Pasang Lampu Hias di Taman-taman

“Tetap yang melakukan pembagian adalah petugas Dinsos. Itu tetap pemerintah punya program bukan pribadi. Siapapun yang mengusulkan tentu kami terima, dan saya tidak ada deal-deal politik dengan mereka,” tegas Lodowik. (rnc04)

Reporter: Rocky

Editor: Semy Rudyard H. Balukh

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *