oleh

Sabu Raijua dan 4 Daerah di NTT Sudah Usul Pelantikan Bupati-Wabup Terpilih

Iklan Covid Walikota Kupang

Kupang, RNC – Masa jabatan kepala daerah di sembilan kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan segera berakhir. Sejauh ini, 5 dari 9 daerah tersebut sudah mengusulkan pelantikan kepala daerah yang terpilih pada Pilkada 9 Desember 2020 lalu.

Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda NTT, Doris Rihi kepada RakyatNTT.com, Jumat (5/2/2021) menyebutkan, lima kabupaten yang sudah mengusulkan pelantikan kepala daerah terpilih yakni Sabu Raijua, Ngada, Sumba Timur, Manggarai dan Timor Tengah Utara (TTU). Sedangkan empat kabupaten lainnya yakni Sumba Barat, Malaka, Belu dan Manggarai Barat, belum ada usulan karena sengketa hasil pilkada masih berproses di Mahkamah Konstitusi (MK).

Iklan Dimonium Air

“Yang usul pelantikan adalah lima kabupaten yang tidak ada sengketa pilkada di Mahkamah Konstitusi,” sebut Doris.

BACA JUGA: Terkait Orient Riwu Kore, Partai Demokrat NTT Angkat Bicara

Doris menjelaskan, masa jabatan lima kepala daerah tersebut di atas akan berakhir pada 17 Februari 2021. Usulan pemberhentian para kepala daerah tersebut juga sudah ada. Sesuai aturan, kepala daerah baru akan dilantik saat masa jabatan kepala daerah yang lama berakhir. Namun sejauh ini belum ada penetapan jadwal pelantikan.

Dengan demikian, lanjut Doris, apabila masa jabatan kepala daerah lama sudah berakhir dan kepala daerah baru belum dilantik, maka tugas kepala daerah sehari-hari dijalankan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) sebagaimana diatur dalam Pasal 65 Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.

Khusus untuk Sabu Raijua dimana masih ada polemik seputar status kewarganegaraan bupati terpilih (Orient Riwu Kore), Doris Rihi mengatakan, sampai dengan saat ini Pemprov NTT belum mendapat instruksi apa-apa dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). (rnc09)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed