oleh

Satgas Covid-19 Lakukan Tracing untuk Kontak Erat 4 Pasien Positif

Iklan Covid Walikota Kupang

Mbay, RNC – Kabupaten Nagekeo kembali mendapatkan hasil pemeriksaan PCR dari sampel swab yang dikirim pada 8 Januari 2021. Hasil yang diperoleh sebanyak 26 dari 31 sampel yang dikirim. Sebanyak 5 sampel belum ada hasil.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Nagekeo, Silvester Teda Sada, Sabtu (30/1/2021) dalam rilis yang diterima RakyatNTT.com.

Iklan Dimonium Air

“Dari 26 orang yang sudah mendapatkan hasil, 22 orang dilaporkan negatif, sementara 4 orang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Keempat kasus terkonfirmasi positif berasal dari Puskesmas Danga dan Puskesmas Nangaroro,” sebut Silvester.

BACA JUGA: Data Covid-19 NTT 30 Januari: Tambah 112 Pasien Sembuh, Kota Kupang Tertinggi

Berikut rincian kasus positif terbaru di Kabupaten Nagekeo:

1. Kasus 41, yakni OB (23 th) perempuan,
kontak erat kasus 26, alamat: Desa Nataute, Kec. Nangaroro. Saat ini isolasi mandiri, tanpa gejala. Swab tanggal 31 Desember 2020 dan 1 Januari 2021.

2. Kasus 42, yakni VL (24 th) laki-laki,
kontak erat kasus 27, alamat: Desa Wokowoe, Kec. Nangaroro. Saat ini isolasi mandiri, tanpa gejala. Swab tanggal 31 Desember 2020 dan 1 Januari 2021.

3. Kasus 43, yakni VT (25 th) perempuan, alamat Aeramo, RT 02, Kec. Aesesa. Saat ini isolasi mandiri, tanpa gejala. Rapid Test Antibody Reaktif tanggal 30 Desember 2020,
Swab tanggal 6 & 7 Januari 2021.

4. Kasus 44, yakni LGTH (17 th) laki-laki, alamat: Watukesu, RT 022, Kel. Danga, Kec. Aesesa. Saat ini isolasi mandiri, tanpa gejala.
Swab tanggal 6 dan 7 Januari 2021.

Tim Satgas Puskesmas Danga dan Nangaroro selanjutnya melakukan tracing (penelusuran) riwayat kontak erat 4 kasus positif hari ini. Sementara 22 orang yang dinyatakan negatif, berasal dari Puskesmas Nangaroro, Maunori dan Mauponggo.

Baca Juga:  Dinkes Kota Kupang Siap Realisasi Upah Pengusung Jenazah Covid-19

Dengan bertambahnya 4 kasus positif di atas, maka total kasus di Nagekeo saat ini berjumlah 44 kasus. Rinciannya 27 sembuh, 16 masih isolasi mandiri, dan 1 meninggal.

Kepala Puskesmas Danga, Klaudia Pau, menjelaskan untuk VT dan LGTH, keduanya saat ini terpantau sehat tanpa ada keluhan apapun. Masa karantinanya pun sudah selesai sejak tanggal 21 Januari 2021. Berhubung hasil swabnya belum ada, maka tim Satgas meminta untuk keduanya tetap isolasi.

“Malam ini hasilnya baru diketahui. Dengan demikian, pada Senin (1/2/2021) nanti Tim Satgas akan turun bersama dokter untuk memastikan kesehatan yang bersangkutan. Jika benar-benar sehat tanpa gejala berdasarkan data objektif, maka pihak Puskesmas akan mengeluarkan surat keterangan sehat bagi kedua orang tersebut,” katanya.

BACA JUGA: Data Covid-19 NTT Sepekan: Angka Positif Turun, Angka Kematin dan Sembuh Naik

Untuk diketahui, VT tinggal bersama kedua orang tua dan kedua adiknya dan LGTH juga tinggal bersama ibu serta dua adiknya. Hingga malam tadi, semua terpantau sehat tanpa keluhan seturut data subjektif.

Mencermati eskalasi kasus positif Covid-19 akhir-akhir ini, Satgas Covid-19 Nagekeo tidak lelah menegaskan pentingnya ketaatan terhadap protokol kesehatan.

Banyak fakta membuktikan, bahwa seseorang bisa sembuh setelah melewati masa karantina maupun masa isolasi mandirinya secara tertib. Tingkat penularan pun bisa dikendalikan manakala masing-masing orang taat menjalani 5 M.

Sekali lagi, penyakit ini merupakan ancaman serius. Benteng pertahanan yang paling kuat dalam menghadapinya adalah ketahanan disiplin diri sendiri. Jangan sampai lengah. (*/rnc15)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed