oleh

Segera Hadir Mall ‘Sikka Town Square’ di Kota Maumere

Maumere, RNC – Kabupaten Sikka segera mempunyai mall. Mall bernama Sikka Town Square (Sitos) akan berlokasi di kawasan Sikka Convention Center (SCC), Jalan Ahmad Yani, Kota Maumere. Untuk rencana investasi proyek besar ini, Pemda Sikka menggandeng PT. Bukit Noah Sikka, yang akan melaksanakan pekerjaan pembangunan mall tersebut.

Pemaparan konsep di hadapan para anggota DPRD Sikka juga telah dilakukan oleh Direktur Utama PT. Bukit Noah Sikka, Frangky Tanimena, S.E., Senin (17/1/2022), mengingat rencana pembangunan mall itu akan menggunakan tanah milik Pemda Sikka, sehingga perlu mendapat persetujuan dari lembaga legislatif.

Ditemui di Kantor DPRD Sikka usai memaparkan konsep pembangunan mall itu, Frangky mengatakan Sikka Town Square (SITOS) merupakan tempat berinovasi, berkreasi dan berekspresi bagi masyarakat Kabupaten Sikka. Nantinya akan dibangun arena bermain, tempat nongkrong, bernyanyi, berdansa dan lainnya. Serta akan menggandeng puluhan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Sikka maupun dari Pulau Jawa, sehingga dapat memeriahkan tempat tersebut.

“Misalnya ada ayam goreng KFC ataupun yang lainnya, dipanggil untuk memajukan Maumere. Karena dengan adanya brand itu, dia bisa menjadi magnet untuk menarik masyarakat agar datang, sehingga UMKM-nya bisa hidup. Kita tidak memberatkan UMKM, tapi membina mereka untuk memberi rule yang baik demi kemajuan Maumere. Jadi SITOS ini hadir untuk kembali lagi ke masyarakat Kabupaten Sikka,” terangnya.

Menurut Frangky, sebelumnya, pihaknya juga telah melihat dan melakukan kajian terhadap Kota Maumere. Diakuinya, Maumere merupakan sebuah kota yang sedang berkembang di tengah- tengah Kepulauan Flores dan memiliki prospek ke depan yang sangat bagus.

“Saya melihat Pak Bupati Sikka ini sangat antusias apalagi berjiwa muda, sehingga kita diminta datang untuk investasi demi memajukan Kota Maumere dan untuk persiapan Sikka menjadi lebih baik nanti,” katanya.

Terkait kapan pembangunan dimulai, Frangky menjelaskan jikalau prosesnya berjalan normal dan DPRD Sikka menyetujuinya, maka akan ada beberapa tahapan yang harus dilalui. “Tapi melalui bantuan dari pimpinan DPRD dan Pak Bupati, kami rasa tahun ini mungkin kita akan mulai membangun. Dan kalau Tuhan berkendak, maka mungkin tahun ini juga akan diresmikan oleh Pak Bupati,” bebernya.

Frangky menuturkan, pembangunan mall itu juga akan menyerap banyak tenaga kerja lokal maupun dari luar daerah. “Pasti banyak. UMKM saja hampir 100 stand yang kita tampung. Belum lagi ada security, kemudian ada juru masaknya, itu akan kita transfer semua. Sumber daya di sini banyak sekali, jadi perlu transfer knowledge untuk perihal ini,” jelasnya.

Jika DPRD Sikka menolak, Frangky mengatakan pihaknya akan mundur dan tak ingin memaksakan diri. “Kami apresiasi bahwa dukungan pemerintah untuk memajukan Maumere harus dimulai dari pemerintahan itu sendiri, yang bekerja sama dengan investor. Kalau hal terburuk yaitu DPRD tidak setuju, ya mau apalagi, kami akan mundur. Jika kami memaksakan diri, maka yang terjadi adalah sesuatu yang tidak baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sikka, Donatus David mengungkapkan, berdasarkan kesimpulan dalam rapat yang digelar oleh DPRD Sikka bersama Pemda Sikka dan PT. Bukit Noah Sikka itu, pihaknya akan kembali mengundang tim khusus dari pemerintah, yang akan mengkaji secara detail terhadap rencana pembangunan mall oleh PT. Bukit Noah Sikka itu.

“Jadi kita akan panggil tim khusus dari pemerintah untuk duduk diskusi bersama. Finalnya nanti di dalam Rapat Paripurna untuk sikap politik dari masing-masing fraksi. Tetapi dengan dinamika yang terjadi saat rapat tadi, secara umum DPRD Sikka mengapresiasi dan mendukung terhadap kehadiran PT. Bukit Noah Sikka ini,” pungkasnya.

(rnc24)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *