oleh

Semarak Festival Parade Pesona Kebangsaan di Kota Pancasila Ende

Ende, RNC – Dalam rangka menyambut hari lahirnya Pancasila, tanggal 1 Juni, Pemkab Ende menggelar “Festival Parade Pesona Kebangsaan Tahun 2022” di Bumi Triwarna Kelimutu Kota Pancasila. Napak tilas yang dikemas dalam festival itu, diikuti siswa SD, SMP, SMA, perguruan tinggi, para Aparatur Sipil Negara dan sejumlah komunitas masyarakat Ende itu, digelar Sabtu (28/5/2022). Berbusana pakaian adat NTT, peserta parade menyanyikan lagu – lagu nasional untuk membakar semangat.

Seperti disaksikan RakyatNTT.com, mereka berjalan dari Dermaga Sukarno hingga Taman Renungan Bung Karno, yang dulu menjadi saksi moment pengasingan Bung Karno. Karena itu, parade tersebut untuk menapaki kembali jejak perjalanan Bung Karno di Kota Ende selama menjalani masa pengasingannya dari tahun 1934 – 1938.

banner BI FAST

Bupati Ende, Drs. Djafar H. Achmad, MM, dalam sambutannya mengatakan, sebagai warga Kota Ende, harus berbangga karena telah menjadi bagian sejarah terbesar Bangsa Indonesia, dimana dari sudut Kota Ende, tepatnya di bawah Pohon Sukun, telah menginspirasi Bung Karno menemukan Butir – butir Pancasila sebagai dasar negara kita.

“Tugas kita saat ini adalah mengamalkan nila – nilai luhur Pancasila dalam kehidupan kita sehari – hari, dan terus mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Mari kita terus gelorakan semangat Pancasila di sanubari kita, agar sampai kapanpun Pancasila selalu menjadi rumah ideal bagi bangsa ini,” pesan Bupati Djafar. (rnc16)

Baca Juga:  PERCASI Ende Gelar Turnamen Catur Usia Sekolah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *