oleh

Serikat Media Siber Indonesia Kabupaten Sikka Resmi Terdaftar di Kesbangpol

Maumere, RNC – Organisasi Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) resmi terbentuk dan terdaftar di Kesbangpol Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Hal ini dibuktikan dengan pengurus daerah SMSI Kabupaten Sikka telah menerima surat keputusan (SK) Pengurus dari Pengurus DPW SMSI Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan Nomor: 004/KPTS/SMSI-DPW.NTT/III/2022 tentang pengesahan Pengurus SMSI Kabupaten Sikka masa bhakti 2022-2027.

Senin (4/4/2022), pengurus SMSI Kabupaten Sikka mendatangi Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sikka. Tampak hadir Ketua SMSI Sikka, Gabriel Langga, Sekretaris Wilhelmus Toka dan Bendahara Sikka Irma Suswanti. Tujuan kedatangan mereka untuk mendaftarkan organisasi SMSI secara resmi di Kesbangpol. Kedatangan mereka disambut hangat oleh Kepala Dinas Kesbangpol Kabupaten Sikka Servatius Sewar.

Ketua SMSI Kabupaten Sikka, Gabriel Langga menjelaskan kedatangannya bersama teman-teman bertujuan melaporkan keberadaan organisasi SMSI sekaligus menyerahkan berkas-berkas untuk memenuhi persyaratan pendaftaran organisasi kemasyarakatan di Kesbangpol Kabupaten Sikka.

“Tadi kedatangan kita langsung diterima oleh Kadis Kesbangpol Sikka. Tadi juga kita serahkan dokumen ke yang bersangkutan,” kata Gabriel.

Ia mengatakan SMSI adalah organisasi perusahaan media online yang sudah menjadi konstituen Dewan Pers. Organisasi ini berkantor pusat di Jakarta dan memiliki jaringan di setiap provinsi sampai ke kabupaten/kota yang ada di Indonesia.

“Kan sesuai dengan AD/ART organisasi, SMSI bertujuan untuk mewujudkan ekosistem industri media siber yang sehat, mandiri dan bermartabat,” papar Angga sapaan akrabnya.

Ia menambahkan, selain mendata media siber di Kabupaten Sikka, SMSI juga ke depannya akan melakukan verifikasi terhadap media-media siber yang bergabung dengan SMSI.

“Kita akan mendata perusahaan media yang ada di Kabupaten Sikka . Nantinya juga kita akan membantu perusahaan media siber anggota SMSI agar memenuhi syarat perusahaan media terverifikasi sebagaimana diminta oleh Dewan Pers,” tutup Angga ini.

Baca Juga:  Pj. Gubernur NTT Coblos di TPS 010 Kelurahan Oebobo, Kota Kupang

Sekretaris DPD SMSI Kabupaten Sikka, Wilhelmus Toka menambahkan tugas utama anggota SMSI ke depannya fokus dalam pendataan dan verifikasi media online, termasuk SMSI Kabupaten Sikka. “Jadi urusan SMSI bukan hanya produk jurnalistik, tapi juga membangun perusahaan yang sehat secara ekonomi serta bermartabat,” terang Wiliam ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesbangpol Kabupaten Sikka Servatius Sewar mengucapkan terima kasih kepada organisasi SMSI yang sudah mendaftarkan organisasi media ini di Kesbangpol Kabupaten Sikka.

Menurut dia, semua organisasi kemasyarakatan yang beraktivitas di Kabupaten Sikka wajib melaporkan kepada Kesbangpol agar pihaknya bisa memantau setiap kegiatan-kegiatan yang dilakukan organisasi yang ada di daerah termasuk SMSI.

“Untuk di Sikka sendiri, organisasi baru pertama kali mendaftar ini adalah SMSI khusus di bidang media. Saya ucapkan terima kasih kepada SMSI yang sudah mendaftar,” ungkap Sewar ini.

Ia pun berjanji setelah ini ia akan memberikan surat keterangan terdaftar (SKT). Selanjutnya bisa digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh SMSI yang ada di Kabupaten Sikka.

“Ketika dokumen yang diserahkan itu akan kita teliti. Secepatnya nanti kita berikan surat keterangan terdaftar,” ujarnya.

Menurut dia, kehadiran SMSI di Kabupaten Sikka memberikan warna tersendiri. Ia pun berharap SMSI memberikan kontribusi bagi daerah dengan memberikan edukasi kepada masyarakat melalui kegiatan yang dilaksanakan.

“Kita harapkan ada kerja sama yang baik antara pemerintah daerah dengan SMSI. Kita sebagai pemerintah siap bersinergi dengan SMSI,” ujar Sewar ini.

Sementara itu, Ketua DPW SMSI Provinsi NTT, Benediktus Jahang secara terpisah mengapresiasi pengurus SMSI Kabupaten Sikka yang telah bertanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan oleh provinsi untuk membentuk pengurus Kabupaten.

“Apresiasi yang tinggi kami sampaikan kepada teman-teman pengurus SMSI Kabupaten Sikka yang bekerja keras, bekerja cepat untuk membentuk SMSI baik struktur kepengurusan maupun keberadaannya diakui oleh pemerintah setempat melalui Kesbangpol Kabupaten Sikka. Selamat dan sukses buat pengurus dan jajaran pengurus SMSI Kabupaten Sikka,” ucap Beni Jahang.

Baca Juga:  Pj. Gubernur NTT Coblos di TPS 010 Kelurahan Oebobo, Kota Kupang

(*/rnc)

Download aplikasi Android RakyatNTT.com sekarang untuk akses berita lebih mudah dan cepat, klik https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *