oleh

Setelah Erupsi Ile Lewotolok, Gerombolan Ikan Terdampar di Pantai Lewoleba

Iklan Covid Walikota Kupang

Lewoleba, RNC – Beberapa hari terakhir gunungapi Ile Lewotolok mengalami erupsi. Fenomena lain adalah munculnya gerombolan ikan yang terdampar di pantai di sekitar Teluk Lewoleba, Kamis (3/12/2020) malam.

Warga setempat pun ramai-ramai berlari ke pantai untuk mengambil ikan. Menurut pengakuan sejumlah warga, fenomena seperti ini sudah pernah terjadi sebelumnya. Ini karena terjadi perubahan suhu air laut khususnya di air laut dalam.

Iklan Dimonium Air

Salah satu warga setempat, Siprianus Bala mengatakan ikan-ikan naik ke darat sekitar pukul 20.00. Menurut warga Desa Beutaran, Kecamatan Ile Ape ini, ada 2 kemungkinan yakni, pertama biasanya ikan jenis ini bergerombolan dan ketika dikejar untuk dimangsa oleh ikan besar, mereka panik dan terpencar tidak tentu arah. Bahkan bisa sampai ke darat tapi dalam area tertentu dan terbatas.

BACA JUGA: Sepanjang Hari, Ini Gunung Ile Lewotolok Sudah 2 Kali Erupsi

“Ini agak luas, maka mungkin ada perubahan suhu air laut dalam sampai laut dangkal dari dingin menjadi hangat dan panas. Kata orangtua dulu, itu tanda-tanda alam air laut akan naik (tsunami) dan akan ada gempa bumi yang hebat, tapi kita doakan ini tidak terjadi,” katanya.

Selain itu, ini bisa terjadi karena pada Minggu dan Senin abu vulkanik dari erupsi Ile Lewotolok berhamburan ke mana-mana. Terbanyak di seluruh Teluk Lewoleba. Oleh karena itu, abu itu setelah bercampur dengan air garam (laut) menjadi semacam racun yang membuat ikan stres dan lari tidak tentu arah, bahkan sampai ke darat. “Tapi ini tentu butuh penelitian lebih jauh,” katanya. (rnc)

  • 330
    Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed