oleh

Soal Kelangkaan Pupuk Bersubsidi, Ini Jawaban Wakil Bupati Kupang

Iklan Covid Walikota Kupang

Kupang, RNC – Masalah kelangkaan pupuk bersubsisdi yang dikeluhkan para petani di Kabupaten Kupang akhirnya ada titik terang. Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe memastikan pupuk bersubsidi sudah diturunkan sebanyak 40 ton. Dengan demikian tidak ada lagi kelangkaan pupuk bersubsidi.

Menurut Jerry, kelangkaan pupun bersubsidi di Kabupaten Kupang sebenarnya tidak terjadi apabila pemasukan RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok) tidak terlambat.

Iklan Dimonium Air

“Kelangkaan sebenarnya tidak ada, tapi itu hanya kesalahan dalam RDKK. Pendataan dalam RDKK itu tidak lengkap sesuai dengan yang dibutuhkan,” ujarnya saat menghadiri acara rapat bersama belum lama ini di Kantor Gubernur NTT.

Jerry mengatakan, saat petani mengeluh soal kelangkaam pupuk subsidi, pemerintah langsung mengambil langkah penyelesaian dengan mendatangkan pupuk sehingga kebutuhan semua petani dapat terkafer. “Untuk ketersediaan pupuk sudah aman, karena begitu ada kelangkaan langsung dikirim ke distributor atau tingkat pengecer, sehingga tidak ada masalah,” terangnya.

“Memang masih ada sedikit kekurangan karena tidak terdaftar dalam RDKK, sebab untuk pupuk subsidi harus ada dalam RDKK,” sambung Jerry.

Agar persoalan ini tidak terjadi lagi, Jerry berharap kedepannya perlu ada kesiapan. Selain RDKK, perlu ada tempat untuk penjualan pupuk non subsidi agar bisa dibeli masyarakat sehingga kebutuhan petani terpenuhi. “Mungkin kita perlu ada persiapan dengan adanya intervensi dari pemerintah dalam pengadaan pupuk non subsidi bagi masyarakat,” katanya.

Wabup Jerry juga bersyukur karena tahun ini curah hujan cukup bagus sehingga masyarakat petani dapat bekerja dengan baik dan hasilnya akan cukup memuaskan. (rnc05)

  • 41
    Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed