oleh

Survei Terbaru LSI: Prabowo Masih Ungguli Ganjar dan Anies

Jakarta, RNC – Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis survei head to head antara tiga bakal calon presiden (bacapres) yang diperkirakan bertarung di Pilpres 2024. Hasilnya, Prabowo Subianto unggul, baik melawan Anies Baswedan maupun Ganjar Pranowo.

Survei dilakukan pada 2-8 Oktober 2023 terhadap 1.620 responden. Target populasi survei WNI berusia 17 tahun atau sudah menikah. Survei dilakukan sebelum pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden.

Pemilihan sampel dilakukan melalui multistage random sampling. Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random 20% dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih.

Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan pewawancara yang terlatih. Margin of error ±2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Peneliti LSI Djayadi Hanan memaparkan simulasi 2 nama sebelum calon wakil presiden (cawapres) untuk Ganjar diumumkan. Hasilnya, Prabowo unggul 11 persen dibanding Ganjar.

Begitu juga jika simulasi 2 nama antara Prabowo melawan Anies. Hasilnya, Prabowo unggul.

“Yang paling menarik tentu saja pertanyaan kita semua kalau berhadapan adalah Ganjar dan Prabowo pada Oktober 2023 ini, kalau Ganjar dan Prabowo berhadapan di putaran kedua dengan belum memperhitungkan calon wakil presidennya ya, maka angkanya pada awal Oktober 49,2% untuk Prabowo, 37,8% untuk Ganjar hampir 11 persen jaraknya,” kata Djayadi dalam pemaparannya, Kamis (19/10/2023).

Berikut ini simulasi head to head 3 kandidat capres sebelum pendaftaran capres dan cawapres ke KPU versi LSI:

Simulasi 1

Ganjar Pranowo 47,1%
Anies Baswedan 37,5%
TT/TJ 15,4%

Simulasi 2

Prabowo Subianto 52,6%
Anies Baswedan 33%
TT/TJ 14,3%

Simulasi 3

Prabowo Subianto 49,2%
Ganjar Pranowo 37,8%
TT/TJ 13%

(*/dtc/rnc)

Editor: Semy Rudyard H. Balukh

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Baca Juga:  Anies Baswedan Terima Dukungan PKB Maju Pilgub Jakarta

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *