oleh

Tak Cuma Paru-paru, 7 Bagian Tubuh Ini Juga Bisa ‘Diserang’ Covid-19

Jakarta, RNC – Selama ini yang kita tahu virus Corona hanya menyebabkan masalah pada saluran pernapasan. Tapi faktanya penelitian menunjukkan bahwa virus ini bisa menyerang berbagai macam bagian tubuh lainnya.

Dilansir dari detik.com, meski virus Corona hingga kini masih dipelajari, berbagai macam penelitian terhadap penyakit tersebut sudah banyak dipublikasikan oleh para ilmuwan dari berbagai negara.

Selain paru-paru, berikut ini adalah beberapa bagian tubuh lainnya yang bisa diserang oleh virus Corona, seperti dikutip dari New York Post.

1. Mata

Beberapa orang yang terinfeksi virus Corona mengalami gejala mata merah atau konjungtivitis. Para dokter mengatakan kondisi tersebut bisa terjadi pada pasien COVID-19 bergejala parah.

Sebuah studi terhadap 38 pasien COVID-19 di rumah sakit di Hubei, China, menemukan bahwa sepertiga dari mereka memiliki mata merah.

2. Otak

Gejala neurologis atau yang berkaitan dengan saraf otak seperti pusing, sakit kepala, gangguan kesadaran, dan cedera otot telah terjadi pada beberapa kasus infeksi virus Corona.

Sebuah studi tentang fungsi sistem saraf yang telah diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menemukan bahwa kondisi penggumpalan darah di otak bisa terjadi pada pasien virus Corona bergejala parah, sehingga menyebabkan kejang dan juga stroke.

3. Jantung

Pada beberapa kasus, para dokter melihat ada pasien virus Corona yang mengalami masalah miokarditis atau terjadinya peradangan pada otot jantung yang cukup mengkhawatirkan.

“Kondisi pernapasan mereka tampaknya berangsur membaik, tetapi tiba-tiba mereka mengalami masalah jantung yang tidak sebanding dengan masalah pernapasan mereka,” ucap ahli saraf dari Universitas Columbia, Mitchell Elkind.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *