oleh

Tambak Garam Tia Dea di Rote Ndao Terendam Banjir

Iklan Covid Walikota Kupang

Ba’a, RNC – Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi di Kecamatan Pantai Baru sejak Jumat (19/2/2021) hingga Sabtu (20/2/2021) mengakibatkan tanggul pematang induk serta pagar pembatas tambak garam Tia Dea jebol. Akibatnya, tambak garam yang terletak di Desa Oenggae Kecamatan Pantai Baru, Kabupaten Rote Ndao itu terendam banjir.

Kepala Pelaksana BPBD Rote Ndao, Diksel Haning kepada RakyatNTT.com mengatakan, Tim Reaksi Cepat (TRC) yang ia pimpin langsung turun ke lokasi setelah mendapat laporan dari masyarakat. Di lokasi, TRC melakukan kaji cepat, mengukur bagian tambak yang rusak dan mendata beberapa jenis kerusakan.

Iklan Dimonium Air

“Kami juga sudah membuat perkiraan kerugian yang dialami petani tambak dan secepatnya kami laporkan ke pimpinan daerah agar mendapat petunjuk lebih lanjut,” ujar Diksel.

Selain tanggul pematang induk, mesin penyedot air juga mengalami kerusakan. Tempat pembibitan ikan yang ada di dekat tambak juga terendam banjir, sehingga benih Ikan sebanyak 20 ribu ekor hanyut ke laut. BPBD memperkirakan kerugian yang dialami mencapai Rp 74 juta.

“Untuk kegiatan pasca bencana sudah menjadi urusan dinas teknis baik Dinas Koperindag atau Dinas Kelautan dan Perikanan,” sebut Diksel.

Perlu diketahui, kelompok yang mengelola tambak garam Tia Dea di Desa Oenggae beranggotakan 24 orang. Tambak ini dibangun pada tahun 2002 dengan sumber dana dari APBD II. Pada tahun 2019, tambak garam ini direhabilitasi oleh Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan lewat Program Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu Kabupaten Rote Ndao tahun 2019. Setelah direhab, tambak garam mulai berproduksi sejak bulan Juni 2020 hingga saat ini. (rnc12)

  • 354
    Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed