oleh

Telepon Trump, Xi Serukan China dan AS Bersatu Perangi Virus Corona

Beijing, RNC – Presiden China, Xi Jinping, menyerukan agar China dan Amerika Serikat (AS) ‘bersatu untuk memerangi’ pandemi virus Corona. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan kedua negara akan bekerja bersama dalam memerangi virus yang kini merajalela secara global.

Seperti dilansir AFP, Jumat (27/3/2020), hal-hal tersebut di atas disampaikan setelah Xi dan Trump berbicara via telepon untuk membahas pandemi virus Corona. Percakapan telepon itu dilakukan setelah China dan AS saling perang kata-kata terkait virus Corona dalam beberapa pekan terakhir.

Laporan media nasional China menyebutkan bahwa Xi mengungkapkan harapannya kepada Trump agar ‘AS mengambil langkah substantif untuk meningkatkan hubungan Sino-AS’.

Xi juga menyerukan agar China dan AS bekerja bersama dalam menangkal virus Corona. “Beijing berharap untuk terus berbagi semua informasi dan pengalaman dengan AS,” demikian sebut televisi nasional China, CCTV.

Dalam pernyataan terpisah via Twitter, Trump menyebut percakapan telepon dengan Xi sebagai ‘pembicaraan yang sangat baik’. Trump juga menyebut bahwa dirinya dan Xi membahas pandemi virus Corona dengan sangat detail.

“Baru saja menyelesaikan pembicaraan yang sangat baik dengan Presiden Xi dari China. Membahas sangat detail soal virus Corona yang merusak sebagian besar planet kita,” tulis Trump via akun Twitter-nya, @realDonaldTrump.

“China telah melalui banyak hal dan telah mengembangkan pemahaman yang kuat tentang virus (Corona). Kita bekerja bersama secara erat. Banyak hormat,” imbuh Trump dalam pernyataan bernada positif.

Percakapan telepon antara Xi dan Trump ini dilakukan bertepatan dengan momen saat jumlah kasus virus Corona di AS melampaui China. Kini AS menjadi negara dengan jumlah kasus virus Corona terbanyak di dunia, dengan lebih dari 82.400 orang terinfeksi. Sementara China mengonfirmasi total 81.340 kasus di wilayahnya.
(nvc/tor/detik.com/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed