oleh

Turbin Pembangkit Tenaga Listrik akan Dipasang di Perairan Flotim

Larantuka, RNC – Penjabat Bupati Flores Timur, Drs. Doris Alexander Rihi, M.Si menerima kunjungan perwakilan Direktorat Kerjasama dan Pengelolaan Usaha (DKPU) Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya bekerja sama dengan Nova Innovation Ltd dalam Program Riset FLITE (Feasibility of Larantuka and Indonesia Tidal Energy) di aula rumah jabatan, Jumat (27/05/2022).

Berdasarkan rilis Prokompim Setda Kabupaten Flotim, kunjungan ini bertujuan menyampaikan kepada Penjabat Bupati Flotim tentang kegiatan survei yang bakal dilakukan terkait program dimaksud. Representasi ITS yang hadir dalam kunjungan itu yakni Irfan Syarief Arief dan Dedi Budi Purwanto. Sedangkan dari Nova Innovation Ltd yakni Simon Forrest selaku Chief Executive Officer dan Gerry Conhor selaku Chief Technology Office.

Sementara, representasi dari pihak pemerintah Flotim yang juga turut hadir dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Atap Kabupaten Flores Timur, Drs. Badaruddin, Sekretaris Dinas Perikanan, Fransiscus Asisi Patty Labina, S.Pi, Kepala BP4D, Apolonia Corebima, SE.,M.Si, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Servulus Satel Demon, S.Hut, dan didampingi oleh Kabag Umum dan Kabag Protokol Komunikasi Pimpinan Setda Flores Timur.

Chief Technology Officer dari Nova Innovation Ltd, Gerry Conhor dalam pemaparannya memperkenalkan pilot project tentang turbin pembangkit tenaga listrik. Turbin pembangkit tenaga listrik nantinya akan dimanfaatkan sebagai energi alternatif yang dipasang di perairan laut Flores Timur, tepatnya di selat antara Pulau Flores bagian timur dan Adonara.

Menurutnya, satu turbin ini mampu menghasilkan 100KW yang bila dikonversikan secara merata dapat dimanfaatkan pada 100 rumah dengan pemakaian listrik yang standar. Bila semua proses berjalan lancar, maka pada bulan November nanti sudah selesai dilaksanakan, dan tahun depan turbin ini dapat dioperasikan. Ia menambahkan, rencananya, untuk tahap awal akan dipasang tiga turbin pada titik-titik yang sesuai dan tepat serta tidak menganggu ekosistem laut yang dipetakan dalam zona-zona perlindungan.

Baca Juga:  Pj Bupati Kupang Dikritik Dewan gegara Sebut Ribuan PTT Tidak Jelas Kinerjanya

Dikatakan Gerry, turbin ini juga telah diujicoba di Skotlandia dan telah memberikan dampak yang positif dalam usaha pemanfaatan energi alternatif selain minyak bumi dan batubara. Tentu saja, dari hasil survey ini, PLN akan diajak bekerjasama sebagai mitra dan partner dalam kaitannya dengan proses distribusinya nanti. Gerry juga mengklaim bahwa teknologi ini sangat ramah lingkungan, lumayan murah dan efisien serta dijamin tidak bakal mengganggu ekosistem di laut.

Menanggapi adanya kerjasama dengan investor Belanda yang pernah melakukan survey dalam proyek serupa beberapa tahun yang lalu, Penjabat Bupati Flotim berharap agar koordinasi tetap dilakukan antar semua instansi dan pihak yang terkait di dalamnya pada survey lokasinya nanti sehingga prosesnya berjalan lancar dan aman sesuai regulasi kerjasama yang sudah dibuat, baik dengan investor Belanda maupun dengan pihak Nova Innovation Ltd ini.

Doris Rihi berharap proyek ini sungguh dapat memberikan manfaat dan hasil yang baik bagi masyarakat. “We–as the government- hope that this projet will give the benefit for the citizens here
( Kami- sebagai pemerintah berharap bahwa proyek ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat di sini),” ucapnya.

Untuk diketahui, pada 3 Juni 2022 mendatang, Direktorat Kerjasama dan Pengelolaan Usaha (DKPU) Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya bekerjasama dengan Nova Innovation Ltd juga akan mengadakan Forum Group Diskusi (FGD) dengan tema ‘Harapan dan Tantangan Energi Laut di Larantuka,’ di Hotel Asa Larantuka, yang bakal melibatkan pihak akademisi, pemerintah, dan industri sehubungan dengan pelaksanaan proyek ini.

(*/pkp/flt/rnc)

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *