oleh

Update Hasil ETMC: Persara dan Persim Beri Kejutan, Persewa Rebut Tiket ke 16 Besar

Lewoleba, RNC – Selasa (13/9/2022) hari ini digelar 5 pertandingan babak penyisihan Liga 3 El Tari memorial Cup (ETMC) XXXI/Porprov NTT 2022 untuk Grup C, D dan E.

Dari Grup C dipertandingkan laga Persisteng Sumba Tengah vs Putra Oesao FC. Kemudian laga Grup D antara Persara Sabu Raijua vs PSKN Kefamenanu dan Perss SoE vs Nirwana 04 Nagekeo.

banner BI FAST

Di grup D juga dipertandingkan laga Persewa Waingapu vs Persab Belu. Selanjutnya bertempat di Stadion Gelora 99, dilangsungkan laga big match antara PSKK Kota Kupang vs Persim Manggarai.

Berikut analisis hasil pertandingan di tiap grup:

Grup C

Pertandingan Grup C antara Persisteng Sumba Tengah vs Putra Oesao FC berakhir imbang. Kedua tim ini sudah dua kali bermain, dua kali pula harus puas dengan hasil imbang. Dengan demikian, keduanya baru memiliki 2 poin.

Berbeda dengan Persisteng dan Putra Oesao, Perss SoE sukses mengandaskan Nirwana 04 Nagekeo dengan skor 2-1. Gol cantik Perss SoE membuyarkan asa Nirwana untuk memetik poin penuh. Berkat kemenangan ini, Laskar Cendana Wangi saat ini menghuni posisi teratas klasemen sementara Grup C.

Masing-masing tim di grup ini masih menyisakan satu pertandingan, yakni Perss SoE vs Putra Oesao FC dan Nirwana 04 vs Persisteng Sumba Tengah. Laga ini menjadi penentuan siapa yang lolos ke babak 16 besar. Dari klasemen sementara, Perss SoE hanya butuh hasil seri untuk memastikan tiket ke 16 besar.

Grup D

Di Grup D, Persewa Waingapu sudah memastikan lolos ke babak 16 besar setelah dua kali menang. Saat melawan PSKN, Persewa menang 2-1 dan menang 1-0 saat melawan Persab Belu. Persewa masih menyisakan satu laga, yakni melawan Persara Sabu Raijua. Apapun hasilnya, Persewa tetap melenggang ke babak 16 besar.

Namun, bukan Persewa yang menjadi perhatian di grup ini, melainkan Persara Sabu Raijua. Kesebelasan dari Pulau Sejuta Lontar ini belum pernah kalah dari dua pertandingan yang sudah dilakoni. Persara sukses menahan imbang salah satu tim kuat Persab Belu 1-1 pada pertandingan perdana.

Pada pertandingan kedua melawan PSKN Kefamenanu, Persara mengamuk dengan 3 gol tanpa balas. Hasil ini membuat Persara menjadi runner up Grup D di bawah Persewa Waingapu. Persara masih menyisakan satu pertandingan, yakni melawan sang juara grup, Persewa Waingapu. Begitu pula Persab Belu yang akan menjamu sang tetangga, PSKN Kefamenanu.

Berdasarkan klasemen sementara, Persara hanya butuh hasil seri pada laga terakhir untuk mengamankan tiket ke 16 besar. Sementara Persab Belu dan PSKN harus saling bunuh untuk mendapatkan peluang lolos.

Baik Persab maupun PSKN masih berpeluang lolos ke 16 besar. Khusus Persab Belu, pada laga terakhir harus memenangkan pertandingan dengan banyak gol agar bisa menggeser Persara. Dengan catatan pada laga terakhir Persara mesti kalah.

Sementara PSKN butuh keajaiban untuk lolos sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik. Pasalnya, saat ini PSKN sudah kebobolan 5 gol dan baru memasukkan 1 gol. Oleh karena itu, pada laga terakhir, PSKN harus menang dengan sebanyak mungkin gol.

Grup E

Grup ini benar-benar merupakan grup neraka. Sulit diprediksi hasilnya. Laga perdana grup ini menyajikan dua tim tangguh, Perse Ende vs PSKK Kota Kupang. Pertarungan 90 menit yang sengit hanya menghasilkan skor 1-1.

Pada pertandingan lainnya, PSK Kabupaten Kupang sukses mencuri poin penuh saat berhadapan dengan Persim Manggarai. PSK Kab. Kupang pun berhak memuncaki klasemen sementara grup neraka.

Pertandingan kedua di grup ini antara PSKK Kota Kupang vs Persim Manggarai yang baru saja dilaksanakan Selasa (13/9/2022) sore menyajikan drama menarik. Banyak yang menjagokan PSKK Kota Kupang bakal mendapat poin penuh alias menang.

Namun, apa daya hasilnya di luar dugaan. Persim yang sudah banyak belajar dari kegagalan pada pertandingan perdana, mulai menerapkan catenaccio, taktik pertahanan gerendel ala Italia.
Mengantisipasi para striker tajam PSKK, Persim pun menumpuk 7 hingga 8 pemain di area pertahanan. Bahkan, Laskar Motang Rua hanya menempatkan satu striker di depan. Taktik ini akhirnya membuahkan hasil. Memanfaatkan satu-satunya peluang sepakan pojok, Persim menciptakan gol yang menjadi petaka bagi PSKK.

Di grup ini belum bisa diprediksi tim mana yang akan melenggang ke babak 16 besar. Pasalnya, PSK Kabupaten Kupang dan Perse Ende masih menyisakan dua pertandingan. Laga PSK Kabupaten Kupang vs Perse Ende baru dimainkan Rabu (14/9/2022) besok. Siapapun pemenangnya akan menjadi juara Grup E untuk sementara.

Bagaimana peluang lolos PSKK? Tim kebanggaan masyarakat Kota Kupang ini masih bisa lolos jika menang atas PSK Kabupaten Kupang pada laga terakhir. Namun nasibnya tergantung hasil pertandingan PSK Kabupaten Kupang vs Perse Ende dan Persim vs Perse Ende. Peluang lain jika gagal menjadi juara grup atau runner up, PSKK bisa lolos sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik dengan catatan harus menang di laga terakhir. (rnc27)

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *