oleh

VBL Siap Kembali ke Senayan, Berjuang Alihkan Dana Desa ke Koperasi

Kupang, RNC – Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat menegaskan dirinya akan kembali mencalonkan diri menjadi anggota DPR RI pada Pemilu 2024. Pasalnya, persoalan daerah ini harus diperjuangkan di pusat.

Dalam acara RAT Coop TLM di halaman Resto La Cove, Pantai Lasiana, Jumat (2/6/2023), Gubernur VBL menyentil isu kemiskinan di NTT yang diakibatkan karena tak ada kebijakan pemerintah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dana desa tidak dikelola secara efektif untuk kesejahteraan rakyat.

Ia menjelaskan, seharusnya pemerintah bisa mengevaluasi seluruh badan usaha dari tingkat pusat, daerah hingga desa. Menurutnya, banyak BUMN yang mati, bahkan BUMD di daerah pun terpaksa eksis tanpa aksi, sedangkan BumDes tentu mati karena tak bisa dikelola.

“Kok mau buang uang untuk mati. Saya pikir negara ini kok hebat ew, sudah tahu mati tetapi tetap dilayani juga,” ucap politisi Partai NasDem ini.

Menurutnya, dana untuk BumDes itu sebaiknya diberikan ke seluruh koperasi untuk kemudian bisa memberdayakan anggotanya agar bisa melahirkan sejumlah produk-produk dari hasil alam yang ada.

Viktor menegaskan tak akan maju dalam pemilihan gubernur pada tahun 2024 mendatang. Viktor memilih akan memperjuangkan penyelesaian masalah NTT di tingkat pusat. “Saya juga nanti tidak mau gubernur lagi. Saya mau pulang ke Jakarta, karena banyak sekali persoalan di NTT yang perlu diselesaikan di Jakarta,” ucapnya lantang di hadapan ribuan anggota TLM.

Ia pun menyebut akan menolak rencana pemerintah untuk membiayai pembangunan di desa melalui dan desa. Sebaiknya dana ratusan triliun itu diberikan saja ke koperasi. Pasalnya dana negara itu dinilai salah digunakan untuk menurunkan kemiskinan. “Tidak boleh uang itu datang di orang yang tidak mengerti. Kalau uang datang ke orang yang tidak mengerti, maka itu seperti membuang emas di mulut babi,” pungkasnya. (rnc04)

Baca Juga:  Pilih Tinggalkan Senayan, Sekjen PDIP: Bukti Totalitas Ansy Lema untuk Rakyat NTT

Reporter: Rocky

Editor: Semy Rudyard H. Balukh

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *