oleh

Wali Kota Kupang Lepas 250 Jemaah Calon Haji

Iklan Demokrat

Kupang, RNC – Sebanyak 250 orang Jemaah Calon Haji asal Kota Kupang Tahun 2019 yang akan menjalani ibadah di tanah suci dilepas secara resmi oleh Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH. Pelepasan berlangsung di Lantai 1 Kantor Walikota Kupang, Senin (22/7/2019). Turut hadir mendampingi Walikota Kupang, antara lain Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah Kota Kupang, Drs. Yoseph Rera Beka, Kepala Badan Narkotika Nasional Kota Kupang, Lino Do R. Pereira, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kupang, Drs. Yakobus Kleden, M.Si, hadir pula dari unsur Forkopimda Kota Kupang, Para Pimpinan Perangkat Daerah Lingkup Kota Kupang, Para Camat dan Lurah se-Kota Kupang, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kupang, Ketua MUI Kota Kupang, H. Muhammad dan para Tokoh Agama se-Kota Kupang.
Di hadapan para Jemaah Calon Haji, Walikota menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang sebesar-besarnya atas antusiasme beribadah yang ditunjukkan para Jemaah Calon Haji asal Kota Kupang dalam melaksanakan kewajiban rukun Islam ini. Selaku Pemerintah Kota Kupang, beliau menyampaikan rasa bahagianya dapat turut ambil bagian dalam pelepasan para Jemaah Calon Haji yang akan berangkat untuk menjalankan ibadah di Tanah Suci, Mekkah. Walikota Kupang mendoakan agar para Jemaah Haji dapat menunaikan ibadah dengan baik dalam keadaan yang selalu sehat walafiat yang disambut khidmat oleh seluruh undangan serta Jemaah Calon Haji yang hadir.
Walikota Kupang dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Kota Kupang ingin memberikan kesan baik dalam mendukung para Jemaah Calon Haji, Untuk itu tahun depan Pemerintah akan menyediakan seragam bagi Jemaah haji dengan desain yang dikerjakan oleh Dekranasda Kota Kupang selain pemberian cinderamata. Walikota Kupang berharap agar Pemerintah Kota Kupang dapat lebih memprirotaskan lebih banyak warga Kota Kupang untuk berangkat beribadah ke tanah suci. “Masih banyak warga Kota Kupang yang berkeinginan untuk menjalankan ibadah tersebut namun terkendala biaya, sehingga masih masuk dalam daftar tunggu, oleh karena itu diharapkan agar kedepan kita lebih memprioritaskan warga Kota Kupang untuk berangkat haji,” ujarnya.
Walikota Kupang juga akan membantu masyarakat Kota Kupang yang ingin menjalankan ibadah ke tanah suci dalam bentuk ibadah umroh, bantuan diutamakan diberikan kepada para imam atau penjaga masjid yang belum pernah menjalankan ibadah ke Tanah Suci. Hal ini menurutnya karena kuota haji yang diberlakukan tiap tahunnya tidak dapat mencakup seluruh Jemaah Calon Haji yang semakin bertambah jumlahnya, sehingga diharapkan ibadah umroh akan membantu memenuhi kerinduan umat untuk beribadah ke tanah suci. “Banyak saudara-saudara kita yang mempunyai niat yang sungguh untuk beribadah ke tanah suci, tetapi terkendala dana atau kesempatan, oleh karena itu Pemerintah Kota Kupang akan memberikan bantuan untuk ibadah umroh bagi imam masjid atau pengurus masjid di Kota Kupang secara bertahap, kurang lebih 10 orang tiap tahunnya disesuaikan dengan kemampuan anggaran Pemerintah Kota Kupang. Seleksinya akan dibuat terbuka dan melibatkan MUI Kota Kupang agar sasaran dan skala priotasnya tercapai, yakni memberangkatkan imam masjid/pengurus masjid di Kota Kupang,” tambah Wali Kota Kupang.
Dalam kesempatan tersebut Walikota Kupang mengatakan bahwa kegiatan seperti ini merupakan upaya Pemerintah untuk memelihara kebersamaan dan kerukunan antar umat beragama di Kota Kupang demi mewujudkan Misi ke 5 Pemerintah Kota Kupang (KUPANG RUKUN DAN AMAN yaitu membangun Kota Kupang sebagai Rumah Besar Persaudaraan dan Kerukunan Lintas Suku Agama dan Ras, yang tentunya memerlukan peran seluruh pihak didalamnya. “Persaudaraan yang sudah kita bina akan menjadi satu kekuatan bagi kita untuk mewujudkan Kota Kupang sebagai kota dengan tingkat toleransi yang tinggi, serta rukun, damai dan sejahtera,” harap Walikota Kupang.
Setelah sambutan, Walikota Kupang menyerahkan cinderamata kepada semua calon Jamaah Haji yang secara simbolis diterima oleh 2 (dua) orang perwakilan Jemaah Calon Haji yakni Yan Sidin Bin Umar Sidin dan Rusni Binti Dauda.
Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Kupang, Drs. Matheus Eustakhius dalam pembacaan laporan panitia menyampaikan bahwa kegiatan Pelepasan Ibadah Jemaah Calon Haji Asal Kota Kupang Tahun 2019 merupakan Program Pemerintah Kota Kupang sesuai amanat Undang Undang nomor 13 tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji. Berdasarkan amanat undang-undang tersebut, Pemerintah Kota Kupang memberikan bantuan yang dibebankan pada APBD Kota Kupang dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran Sekretariat Daerah Kota Kupang dan dilaksanakan oleh Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Kupang. Bantuan berupa dukungan biaya transportasi pulang pergi menuju dan dari Embarkasih Surabaya ke Kota Kupang, dukungan alat transportasi orang dan barang menuju dan dari Bandar Udara El Tari serta pelaksanaan kegiatan pelepasan Jemaah Calon Haji Kota Kupang ke Tanah Suci serta penjemputan Jemaah haji dari tanah suci.
Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menjalin hubungan silaturahmi antar umat, khususnya umat Islam sehingga tercipta keharmonisan dan kenyamanan dalam menjalankan ibadah selain juga untuk meningkatkan iman dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta menciptakan Haji dan Hajjah yang mabrur. “Yang ingin dicapai Pemerintah adalah agar masyarakat dapat menjalankan ibadah agama dan sikap rohani yang dilegitimasi oleh negara dan pemerintah serta meningkatkan kehidupan masyarakat yang berkualitas keimanan guna mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kota Kupang,” kata Kabag Kesra.
“Calon Jamaah Haji Kota Kupang pada tahun 2019 berjumlah 250 orang dan secara bertahap sudah dimulai dengan registrasi oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, tahap verifikasi peserta oleh Kementerian Agama Kota Kupang dan hari ini para calon Jamaah Haji dilepas oleh Walikota Kupang,” tambahnya. Lanjut Kabag Kesra, Pemerintah Kota Kupang akan mengawali keberangkatan para calon Jamaah Haji yang akan berangkat dari Kota Kupang menuju Surabaya pada tanggal 26 Juli 2019 dan dari Surabaya menuju ke Tanah Suci Mekkah pada tanggal 28 Juli 2019. (hms/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed